Tilang Elektronik Melalui ETLE Mulai Diberlakukan

Advertisement
Kapolda Sulteng Irjen Pol Rudy Sufahriadi (kiri) memotong tumpeng pada syukuran Hari lalu Lintas Bhayangkara sekaligus peluncuran ETLE di Palu, Kamis (22/9/2022). (Foto: Humas Polda Sulteng)

PALU, beritapalu | Direktorat Lalu Lintas Polda Sulteng resmi memberlakukan tilang elektronik melalui fasiltias Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE). Pemberlakuan itu bertepatan dengan peringatan HUT ke-67 Lalu Lintas Bhayangkara, Kamis (22/9/2022).

Fasilitas ETLE itu telah terpasang di empat ruas jalan di Palu yakni Jalan Gajah Mada, Jalan Basuki Rahmat, Jalan Prof Muh Yamin, dan Jalan Dr Sam Ratulangi. ETLE yang dilengkapi dengan kamera itu akan merekam setiap pengendara yang melintas dan mengirimkannya ke pusat data Dirlantas Polda Sulteng.

Rekaman gambar yang menunjukkan pengendara tidak mematuhi ketentuan berlalulintas yang ditetapkan akan ditilang secara elektronik. Mekanismenya, foto pelanggaran akan dikirim ke pusat data, lalu diteruskan ke bagian penerbitan surat tilang yang kemudian diterbitkan surat pembayaran dan dikirim ke alamat pengendara.

Pelanggaran yang dimaksud antara lain melanggar marka jalan, menerobos lampu merah, tidak mengenakan sabuk pengaman, melakukan percakapan dengan handphone saat ebrkendara, tidak mengenakan helm ber-SNI dan nomor kendaraan tidak sesuai ketentuan, serta beberapa pelanggaran lalu litnas lainnya.

Dir Lantas Polda Sulteng Kombes Pol Kingkin Winisuda mengatakan, peluncuran ETLE tersebut adalah tahap ketiga secara nasional dan dilakukan serentak di tujuh Polda jajaran lainnya.

Sementara itu, memperingati HUT Lalu Lintas Bhayangkara bertema “Polantas yang Presisi Pulih dan Bangkit Bersama Menuju Indonesia Maju” dilakukan syukuran yang dihadiri Kapolda Sulteng Irjen Pol Rudy Sufahriadi dan unsur Forkopimda serta para pejabat utama Polda Sulteng.

Tema itu menurut Kapolda Irjen Rudy sangat relevan sebagai sarana untuk melakukan evaluasi bagi penyempurnaan kinerja organisasi,  juga sebagai cerminan tekad dan komitmen bagi segenap anggota lalu lintas bhayangkara untuk meningkatkan semangat, soliditas dan profesionalisme guna memberikan pelayanan dan pengabdian terbaik kepada masyarakat.

“Melalui momen hari lalu lintas bhayangkara yang ke 67 ini saya menyampaikan terima kasih kepada 617 personel lalu lintas jajaran Polda Sulawesi Tengah telah bahu membahu dengan elemen masyarakat dalam mendukung program pemerintah percepatan penanganan COVID-19 dan pemulihan ekonomi nasional,” ujarnya. (afd/*)

Advrtisement