Distribusi CVP Tahap Pertama kepada 580 KK di Palu dan Sigi

Advertisement
Penyarluran Cash Voucher Program di Kelurahan Donggala Kodi, Palu, Jumat (19/8/2022). (Foto: Sikola Mombine)

PALU, beritapalu | Yayasan Sikola Mombine bersama Wahana Visi Indonesia (WVI) yang didukung oleh Australian AID mendistribusikan Cash Voucher Program (CVP)  tahap pertama kepada 580 kepala rumah tangga yang tersebar di enam eesa di Kabupaten Sigi dan tiga kelurahan di Kota Palu.

Keenam desa di Sigi itu di antaranya Baliase, Binangga, Padende, Sibedi dan Sunju. Sedangkan tiga kelurahan di Kota Palu yakni Donggala kodi, Buluri dan Watusampu. Distribusi bantuan nontunai ini dilakukan di Kantor Desa/Kelurahan masing-masing.

Manajer Pemberdayaan Ekonomi Yayasan Sikola Mombine, Taufik mengatakan, proses distribusi cash voucher program (CVP) ini adalah bagian dari program Indonesia respon COVID-19 untuk masyarakat yang  terdampak akibat pandemi serta masyarakat yang benar-benar belum mendapatkan bantuan nontunai, dan yang telah memenuhi 13 indikator sebagai syarat layak penerima manfaat CVP.

“Program ini bertujuan untuk meningkatkan ketahanan ekonomi, serta membantu untuk melakukan pemulihan ekonomi bagi masyarakat yang terdampak akibat pandemi COVID-19,” kata Taufik, Jumat (19/8/2022)

Yayasan Sikola Mombine dan WVI juga terus melakukan edukasi kepada masyarakat untuk tetap menaati protokol kesehatan yang ketat, dan melakukan promosi vaksin kepada penerima manfaat secara langsung maupun tidak langsung, dengan membagikan beberapa poster dan brosur yang berisikan pesan pesan kunci edukasi COVID 19 dan promosi vaksin.

“Bantuan ini sangat bermanfaat sekali, kita ini sangat dimudahkan, kita hanya datang ke kantor Kelurahan untuk menerima nya, tidak lagi jauh jauh ke bank, baru dikasikan poster dan brosur tentang COVID-19 juga,” ujar Suriani, salah seorang penerima manfaat.

Bantuan ini tak semata bantuan nontunai yang diberikan kepada masyarakat, tetapi Yayasan Sikola Mombine dan WVI juga bekerjasama dengan Bank Sulteng membantu penyaluran serta BPJS Ketenagakerjaan kepada semua penerima manfaat, agar hal ini benar-benar dirasakan dan bermanfaat kepada masyarakat untuk keselamatan kerja si penerima manfaat. (afd/*)

Advrtisement