Kejurnas Pertama Lari Trail Berakhir, Sulteng Sabet Tiga Medali

Advertisement
Pelari trail Ade Putra Katume asal Sulteng (tengah), Sobari Herdiana asal Jabar (kedua kiri), dan Agus Supardi asal Sumbar (kanan) berselebrasi bersama Ketua Umum Alti Bima Arya (ketiga kanan) dan Ketua Harian ALTI Muhammad Farhan (kanan) usai menerima hadiah pada katagori Lari Trail Jarak Pendek 43 kilometer di Kejurnas Lari trial 2022 di Desa Balane, Sigi, Sulawesi Tengah, Minggu (17/7/2022). (Foto: bmzIMAGES/Basri Marzuki)

SIGI, beritapalu | Hingga berakhirnya Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Lari Trail 2022 yang digelar di Palu-Sigi selama tiga hari (15-17/7/2022), kontingen Sulawesi Tengah berhasil menyabet tiga dari 21 medali yang diperebutkan.

Satu medali emas dipersembahkan oleh Ade Putra Katume dalam katagori Jarak Dekat 43 kilometer individual putra, satu medali perak oleh Cindy Ayudia dalam katagori Vertikal 6 kilometer elevasi 900 mdpl individual putri, dan satu perunggu dari katagori Jarak Jauh 83 kilometer beregu campuran.

“Saya sebenarnya tidak banyak persiapan, tapi syukurlah karena ternyata saya mampu menjadi juara di kelas Jarak Dekat 43 kilometer ini,” kata Ade Putra Katume usai menerima pengalungan medali emas di sela-sela seremoni penutupan kejurnas itu.

Hasil yang ditorehkan kontingen Sulteng dalam kejurnas itu cukup membanggakan, karena secara nasional atlet lari trail sudah dapat diperhitungkan meski secara organisasi dan kelembagaan relatif  masih sangat baru.

Ketua Asosiasli Lari Trail Indonesia (ALTI) Sulteng, Mohamad Affan usai seremoni penutupan dan penyerahan hadiah kepada para pemenang mengatakan, selain kebanggaan karena prestasi nasional yang diraih oleh kontingen Sulteng, kejurnas tersebut dinilai juga mengahrumkan nama Sulteng karena kejurnas pertama tersebut berhasil diselenggarakan dengan baik.

“Kalau kekurangan penyelenggaraan pasti adalah, tapi kebanggaan kita karena kitab isa menjadi tuan rumah yang baik. Semoga ke depan pada kejurnas-kejurnas berikutnya akan lebih baik lagi,” ujar Affan.

Pelari trail putri asal Sulteng Cindy Ayudia membawa bendera ALTI Palu saat akan memasuki garis finish pada Kejurnas Lari Trail katagori Vertikal 6 kilometer elevasi 900 mdpl di Desa Wayu, Sigi, Sulawesi Tengah, Minggu (17/7/2022). Cindy Ayudia berhasil finish di posisi kedua setelah Desi Kristiani asal Jawa Barat di posisi pertama. (Foto: bmzIMAGES/Basri Marzuki)

Sementara itu, kejurnas yang diikuti oleh sedikitnya 105 pelari trail putra putri dari 15 provinsi itu ditutup langsung oleh Ketua Umum Pengurus Pusat ALTI, Bima Arya yang juga Wali Kota Bogor dibersamai Ketua Harian ALTI Muhammad Farhan di Lapangan Desa Balane, Sigi, Minggu (17/7/2022).

Penutupan itu ditandai dengan pengumuman para pemenang dan pengalungan medali serta uang pembinaan kepada setiap peserta yang berhasil mendapatkan predikat juara.

Provinsi Jawa Barat dinobatkan sebagai penyandang gelar Juara Umum setelah sejumlah atletnya menjuarai beberapa katagori yang diperlombakan.

Ketua Umum ALTI, Bima Arya didampingi Ketua Harian ALTI, Muhammad Farhan menyatakan rasa syukurnya atas keberhasilan penyelenggaraan kejurnas pertama tersebut di Palu-Sigi.

“Alhamdulillah, jalan kita menuju PON 2024 semakin terbuka lebar karena prasyarat minimal dua kali kejurnas sudah kita laksanakan untuk pertama kali ini, tinggal menunggu satu kejurnas lagi di bulan Februari 2023 mendatang,” sebut Bima.

Ia menambahkan, lokasi kejurnas kedua masih akan dibahas pada Rakernas yang juga langsung dilaksanakan usai kejurnas tersebut di Palu.

“Rakernas yang dimulai hari ini juga nantinya akan memutuskan dimana kejurnas berikutnya,” tutup Bima.

Berikut daftar para pemenang dalam Kejurnas Lari Trail 2022 di Palu-Sigi:

Katagori: Jarak Jauh Putra (85 km):

  1. Risqi Dwi – Jawa Tengah
  2. Abdul Salam – NTB
  3. Akhmad Nizar – Kalimantan Timur

Katagori: Jarak Jauh Putri (85 km):

  1. Ruth Theresia – Jawa Barat
  2. Shindy Patricia – Jawa Timur
  3. Septiana Nia – DKI Jakarta

Katagori: Jarak Pendek Putra (43 km):

  1. Ade Putra Katume – Sulawesi Tengah
  2. Sobari Herdiana – Jawa Barat
  3. Agus Supardi – Sumatera Barat

Katagori: Jarak Pendek Putri (43 km):

  1. Siti Nurani – DKI Jakarta
  2. Devi – Banten
  3. Isania Tarigan – Jawa Barat

Katagori: Jarak Jauh Beregu (85 km):

  1. Jawa Barat
  2. DKI Jakarta
  3. Sulawesi Tengah

Katagori: Vertical Putra (6 km) Elevasi 900 mdpl):

  1. Budi Irawan – Jawa Tengah
  2. Oljum Putera – Sumatera Barat
  3. Bambang Oktavianus – Jawa Tengah

Katagori: Vertical Putri (6 km Elevasi 900 mdpl):

  1. Desi Kristiani – Jawa Barat
  2. Cindy Ayudia – Sulawesi Tengah
  3. Asri Kori – Jawa Tengah
Advrtisement