Gaptibplin, Tampang Anggota Polisi Pun Jadi Obyek Pengawasan

Kabagops Polres Palu AKP Alfian Joan Komaling (tengah) memeriksa seorang personel Polres Palu pada Gaktibplin di Mapolres Palu, Kamis (9/12/2021). (Foto: Humas Polres Palu)

PALU, beritapalu | Kabagops Polres Palu AKP Alfian Joan Komaling memimpin pelaksanaan operasi penegakan ketertiban dan disiplin (Gaptibplin) terhadap seluruh personel Polres Palu, Kamis (9/12/2021).

Berama Seksi Profesi Dan Pengamanan (Propam) dan Seksi Pengawasan (Siwas) Polres Palu, operasi itu langsung digelar usai apel fungsi di Mapolres Palu.

Tak hanya memeriksa surat-surat pribadi seperti KTP, KTA, SIM, NPWP maupun surat berkendara lainnya, penampilan atau performance anggota bahkan sikap dan tampang setiap personel pun tak luput jadi pengawasan.

“Kegiatan ini rutin dilakukan untuk memastikan bahwa seluruh anggota tertib, disiplin dan mematuhi semua aturan,” kata AKBP Alfian Joan.

Dengan kegiatan itu lanjut Kabag Ops Alfian, akan dapat diketahui dan diukur sejauhmana seluruh personel baik di Polres maupun Polsek Jajaran tingkat kepatuhan internal maupun penerapan kode etik profesi.

Dalam pemeriksaan yang dilakukan itu, setiap anggota polisi yang ditemukan melakukan pelanggaran, baik sikap, tampang maupun kelengkapan administrasinya, langsung ditindaki oleh Seksi Propam.

“Sanksinya bersifat langsung sesuai dengan tingkat pelanggaran,” sebut AKP Alfian. (afd/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here