PT Vale Indonesia Berkolaborasi Lestarikan Terumbu Karang

Transplantasi terumbu karang kolaborai bersama PT Vale Indonesia, TNI AL, Persatuan Olahraga Seluruh Indonesia Luwu Timur, Sorowako Diving Club dan Mori Diving Club di pesisir laut Malili, Minggu (15/8/2021). (Foto: HO-PT Vale Indonesia Tbk)

SOROAKO, beritapalu | PT Vale Indonesia Tbk menunjukkan komitmennya dalam upaya melestarikan lingkungan, salah satunya dengan berkolaborasi dengan para pihak untuk melakukan trasplantasi terumbu karang di pesisir laut Malili, Sulawesi Selatan.

Direktur External Relations and Corporate Affairs PT Vale Indonesia Tbk Endra Kusuma mengatakan, PT Vale mengapresiasi inisiatif yang dilakukan TNI AL, Persatuan Olahraga Seluruh Indonesia (POSSI) Luwu Timur, Sorowako Diving Club dan Mori Diving Club terhadap upaya pelestarian terumbu karang di laut Malili.

“Inisiatif ini sejalan dengan nilai perusahaan yaitu respect our planet and community, kami akan berkolaborasi dengan stakeholder terkait dalam menyusun agenda strategis dalam upaya penguatan kawasan pesisir melalui program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat (PPM),” sebut Endra pada kegiatan Parasulu Merah Putih 2021, di Laut Malili, Minggu (15/8/2021).

Dukungan PT Vale pada kegiatan bertema “Laut Terjaga Selamatkan Masa Depan” yang dilanjutkan dengan mengibarkan bendera  Merah Putih di bawah laut itu berupa penyediaan fasilitas media untuk transplantasi terumbu karang.

Sementara itu, Pembina Mori Diving Club Madras mengatakan, niat baik PT Vale harus diapresiasi positif pula. Menurutnya, kolaborasi ini menjadi pijakan awal yang baik untuk program PPM yang lebih berpihak pada masyarakat dan kelompok nelayan.

“Kami menyambut PT Vale Indonesia untuk berkolaborasi dalam upaya pelestarian terumbu karang, serta pelestarian lingkungan di Pesisir Laut Malili,” kata Madras.

Menurut Madras, laut yang terjaga akan memberikan nilai tambah bagi masyarakat. Bukan hanya PT Vale saja, tetapi diharapkan peran aktif seluruh pemangku kepentingan dan pihak swasta untuk sama-sama peduli pada kegiatan pelestarian lingkungan di laut Malili.

Selain dukungan seperti itu, PT Vale Indonesia juga akan menggelar Focus Group Discussion (FGD) bertema “Mengelola Potensi Sumber Daya Mangrove dan Terumbu Karang Malili Secara Mandiri dan Berkelanjutan” yang dijadwalkan pada 18 Agustus mendatang secara virtual.

“Diharapkan melalui FGD ini nantinya akan dihasilkan rekomendasi pengembangan kawasan pesisir, sehingga kualitas program PPM PT Vale kedepan akan makin baik,” tambah Endra lagi.

Kegiatan ini juga merupakan rangkaian kegiatan Merah Putih Parasulu dalam rangka HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 yang diinisiai oleh para organisasi penyelam, prajurit Posmat Lampia Lantamal VI, relawan kemanusiaan, dan penggiat lingkungan di Kabupaten  Luwu Timur.

“PT Vale memiliki konsen dalam rangka penguatan konservasi laut sehingga dapat meningkatkan kualitas lingkungan yang lebih baik dan juga dapat memberikan nilai tambah ekonomi untuk masyakat dan nelayan di wilayah tersebut. Untuk mewujudkan itu semua dibutuhkan sinergi bersama,” tandas Endra. (afd/*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here