PABMI Gelar Operasi Celah Bibir dan Lelangit Gratis Peringati HUT Bhayangkara ke-76

Advertisement
Tim Bakti Kesehatan PABMI Sulawesi berpose bersama usai pelaksanaan operasi celah bibir dan lelangit di depan Rumah Sakit Bhayangkara Palu, Selasa (31/5/2022). (Foto: PABMI Sulawesi)

PALU, beritapalu | Persatuan Ahli Bedah Mulut dan Maksilofasial Indonesia (PABMI) wilayah Sulawesi bekerjsama dengan Polri dan disokong oleh Smile Train menggelar operasi celah bibir dan lelangit secara cuma-cuma dalam rangkaian peringatan HUT Bhayangkara ke-76, belum lama ini.

Ketua PABMI Wilayah Sulawesi, drg. Mohammad Gazali, MARS, SpBM(K) mengatakan, aksi kemanusiaan itu dilaksanakan di dua kota, yakni Manado dan Palu dan akan berlanjut ke Maluku yang juga merupakan wilayah kerja PABMI Sulawesi.

Di Manado, operasi dilaksanakan di Rumah Sakit Bhayangkara Manado pada 30-31 Maret lalu dengan jumlah pasien yang terdaftar sebanyak 39 pasien, namun yang bisa lolos untuk layak operasi sebanyak 33 pasien.

“Dan kegiatan selanjutnya di Rumah Sakit Bhayangkara Palu dengan jumlah pasien terdaftar sebanyak 21 pasien namun yang lolos untuk dilakukan sebanyak 15 pasien,” jelas drg. Mohammad Gazali.

P4CBL Sitti Masyithah yang berpusat di Palu mendapat kepercayaan dari PABMI Sulawesi untuk melaksanakan bakti sosial tersebut.

Tim yang terlibat diketuai oleh drg. Mohammad Gazali, MARS, SpBM(K) sendiri dibantu tiga dokter spesialis Bedah Mulut Maksilofasial yakni drg. Victor Tegar Pamolango MMR, SpBM dari RSP, dr. Kandou Manado, drg. Irmawati Rahim SpBM, drg. Syahrir Samad SpBM dan tim perawat bedah dan dr Sofyan Bulango SpAn. Selain itu, juga dibantu dan tim anesthesi P4CBL yang di bantu oleh perawat dan tim anesthesi dari RS Bhayangkara Manado.

Ia menambahkan, kegiatan bakti sosial kerjasama dengan Polri tahun ini dan merupakan rangkaian kegiatan pelayanan terhadap penderita celah bibir dan lelangit dengan operasi primer berupa celah bibir, celah langit-langit dan celah gusi maupun operasi sekunder berupa revisi atau penutupan fistula.

“Kegiatan ini di harapkan akan memberikan senyum baru bagi pasien dan keluarga dari beberapa wilayah di Sulawesi Utara bahkan Maluku utara dan Sulawesi Tengah,” harap Staf Dosen pada Departemen Bedah Mulut dan Maksilofasial FKG Unhas, Makassar ini. (afd/*)

Advrtisement