Operasi Ketupat Tinombala 2022 Mulai Digelar di Palu

Advertisement
Kapolda Sulteng irjen Pol Rudy Sufahriadi (tengah) bersama pejabat utama TNI melakukan pemeriksaan pasukan pada apel gelar pasukan dalamr angka operasi Ketuapa Tinombala 2022 di halaman Mapodla Sulteng, Jumat (22/4/2022). (Foto: Humas Polda Sulteng)

PALU, beritapalu | Operasi untuk pengamanan hari raya Idul Fitri 1443 Hiiriyah mulai digelar di Kota Palu ditandai dengan apel gelar pasukan yang dilaksanakan di halaman Kantor Wali Kota Palu, Jumat (22/4/2022).

Gelar pasukan yang dipimpin Kapolresta Palu Kombes Pol Barliansyah itu melibatkan sedikitnya 323 personel gabungan termasuk dari Polresta Palu, BKO Polda Sulteng , TNI, instansi terkait dan mitra kamtibmas.

“Operasi Ketupat Tinombala 2022 ini akan berlangsung selama 12 hari terhitung mulai tanggal 28 April 2022 sampai 9 Mei 2022,” ungkap Kabagops Polresta Palu Kompol Alfian Joan Komalingusai apel gelar pasukan tersebut.

Ia mengungkapkan, terdapat 12 Pos Pengamanan yang didirikan dalam oerpasi tersebut, yakni 8 Pos Pam dan 4 Pos Pelayanan di wilayah hukum Polresta Palu.

“Pos Pengamanan bertugas menyelenggarakan pengamanan dari gangguan kamtibmas dan kamseltibcar lantas seperti jalur trans sulawesi, komplek perumahan dan rumah ibadah. Sedangkan Pos Pelayanan dan Pos Terpadu melaksanakan tugas pengamanan di objek-objek tertentu seperti pusat keramaian, pusat belanja, terminal, bandara, pelabuhan dan tempat wisata,” jelas Kabagops

Kapolresta Palu Kobes Pol Barliansyah (kiri) menyematkan pita kepada seorang personel menandai dimulakannya operasi Ketupat Tinombala 2022 di Kota Palu, Jumat (22/4/2022). (Foto: Humas Polresta Palu)

Ia juga menerangkan, untuk mengantisipasi pelaku perjalanan dalam negeri, pihaknya akan memaksimalkan kegiatan posko di terminal, bandar udara dan pelabuhan.

“Posko ini bukan hanya sekedar menjadi posko pengamanan dan pelayanan, namun juga berfungsi untuk mengendalikan penyebaran COVID-19,” pungkasnya.

Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Tinombala 2022 kali ini mengangkat tema Sinergi Polri dengan Instansi terkait untuk menjamin masyarakat aman dan sehat dalam perayaan Idul Fitri 1443 Hijriah di wilayah hukum Polresta Palu.

Turut hadir dalam apel adalah Unsur Forkopimda kota Palu, Wakapolresta Palu , Seluruh pejabat utama Polresta Palu , Dandim 1306 Kota Palu , Letua Pengadilan Negeri Palu , Kajari Palu , Kepala Dinas/Instansi serta pasukan upacara dari TNI, Polri, Satpol PP, Basarnas, Dinas Perhubungan , Senkom dan mitra kamtibmas.

Apel gelar pasukan yang sama juga dilakukan Polda Sulteng yang dipimpin Kapolda Sulteng Irjen Pol Rudi Sjufahriadi.

Sedikitnya 4.184 personel gabungan yang dilibatkan yang terdiri dari unsur Polda Sulteng, Polres jajaran, TNI, Instansi terkait dan mitra kamtibmas.

Kabid Humas Polda Sulteng Kombes Pol Didik Supranoto mengatakan, secara keseluruhan terdapat 71 Pos Pengamanan, 21 Pos Pelayanan dan 2 Pos Terpadu dalam pelaksanaan Operasi Ketupat Tinombala 2022 di wilayah Polda Sulteng.

Turut hadir dalam apel adalah Unsur Forkopimda Provinsi Sulteng, Wakapolda Sulteng, Seluruh pejabat utama Polda Sulteng, Kepala Dinas/Instansi serta pasukan upacara dari TNI, Polri, Satpol PP, Basarnas, Dinas Perhubungan, Jasa Raharja, Senkom dan mitra kamtibmas. (afd/*)

Advrtisement