Coba Ungkap Penyebab Kebakaran Pasar Inpres Manonda, Tim Inafis Diturunkan

Olah TKP yang dilakukan Tim Inafis Polda Sulteng dan Polres Palu, Rabu (30/3/2022). (Foto: Humas Polda Sulteng)

PALU, beritapalu | Polda Sulteng bersama Polres Palu menurunkan Tim Inafis (Indonesia Automatic Finger Print Identification System) untuk mengungkap penyebab kebakaran Pasar Inpres Manonda pada Selasa (29/3/2022) malam.

Kabid Humas Podla Sulteng Kombes Pol Didik Suparanoto mengatakan, tim tersebut turun lapangan hari ini (Rabu (30/3/2022) ke lokasi kejadian. Aparat katanya sudah memasang garis polisi di sejumlah untuk memudahkan proses penelitian dan dokumentasi di beberapa titik di TKP.

Sejumlah sumber menyebutkan asal mula api yang menyulut kebakaran besar di pasar terbesar di Kota Palu itu. Meski demikian, sumber itu tidak memiliki preferensi yang akurat untuk mengungkap fakta penyebabnya.

“Biarkan petugas bekerja sesuai dengan Standar Operasional Prosedurnya (SOP). Ini langkah awal Polisi melakukan penyelidikan,” sebut Didik.

Ia mengatakan, hingga kini belum dapat disimpulkan dari mana sumber api pertama kali. Pihaknya katanya masih bekerja untuk mengetahui penyebabnya, demikian juga belum diketahui berapa kerugiannya, ujar mantan Wadirreskrimum Polda Sulteng.

Diberitakan sebelumnya, Pasar Inpres Manonda yang juga adalah sebagai apsar induk terletak di Palu Barat itu telah dilalap si jago merah Selasa (29/3/2022) pukul 21.47.00 Wita malam.

Upaya pemadaman kebakaran dilakukan hingga lebih dari empat jam karena besarnya kobaran api yang memenuhi pasar tersebut, terutama di bagian tengah.

Ratusan lapak jualan hangus terbakar dan hanya menyisakan rangka. Belum dapat ditaksir berapa kerugian yang dialami pedagang akibat peristiwa ini.

“Diimbau kepada masyarakat agar dapat bekerjasama dan kooperatif apabila diperlukan untuk dilakukan pemeriksaan,” harap Didik. (afd/*)