Kapolres Palu Paparkan Perubahan yang DIlakukan Menuju ZI-WBK

Kapolres Palu AKBP Bayu Indra Wiguno (kiri) menyambtu kedatangan Tim Penilai Nasional Zona Integritas (ZI) Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) di Mapolres Palu, Senin (6/12/2021). (Foto: Humas Porles Palu)

PALU, beritapalu | Tim Penilai Nasional Zona Integritas (ZI) Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) tiba di Palu disambut Kapolres Palu AKBP Bayu Indra Wiguno, Senin (6/12/2021).

Kedatangan Tim Penilai Nasional ZI-WBK yang dipimpin Asisten Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kamaruddin Bersama rombongan angota tim antara lain Paulus Julius Rahakbauw , Salsabila Firdausy bersama dengan tim pendamping Verifikasi Kabag RBP Rorena.

Penyambutan itu dimeriahkan dengan tarian khas Kaili dan dilanjutkan dengan paparan Kapolres Palu terkait area perubahan yangs udah dilakukan di antaranya Manajemen Perubahan, Penataan Tatalaksana, Penataan Sistem Manajemen SDM, Penguatan Akuntabilitas, Penguatan Pengawasan dan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik serta inovasi.

Di bidang pelayanan public, Polres Palu telah mengupayakan pelayanan berbasis IT, salah satunya pelayanan di bidang lalu lintas secara on line dan SIM Mami, Pelayanan SIM keliling di tempat Wisata dan tempat ibadah, juga memberikan layanan terpadu dengan jenis layanan “SIM , SKCK  , SPKT dan Sidik jari” berlangsung setiap malam Minggu di tempat keramaian dalam Kota Palu.

Untuk mengedukasi masyarakat dan juga membentuk karakter anak usia dini agar tertib dan disiplin berlalu lintas, Polres Palu juga membentuk kampung tangguh dengan mengedepankan kearifan lokal bertempat di setiap kelurahan dan dinilai berhasil meraih peringkat juara Nasional.

Di bidang pelayanan SKCK dan di bidang pelayanan Reskrim juga dilakukan berbasis online, dengan tetap memberikan layanan dengan cepat dan humanis, khusus dalam upaya pencegah Pandemi Covid-19 dilingkungan Kantor, Polres Palu menerapkan aplikasi Peduli lindungi untuk mengetahui jumlah masyarakat ataupun orang yang ada di Mako Polres Palu.

Terkait dengan layananan pengaduan masyarakat telah dibuka aplikasi Dumas Presisi sehingga memudahkan masyarakat untuk menyampaikan pengaduan, juga berkerjasama dengan Instansi terkait Polres Palu telah membentuk kampung anti Narkoba, Kampung tangguh guna mencegah peredaran gelap narkoba dilingkungan kelurahan.

Dalam memaksimalkan pelayananan Polres Palu juga telah membangun Rumah Tahanan untuk memberikan layanan pembinaan kepada masyarakat yang sedang menjalani proses hukum di Polres Palu yang dilengkapi dengan sarana pendukungnya.

“Polres Palu adalah Polres yang beberapa kali ikut penilaian zona lntegritas untuk meraih predikat WBK tapi belum berhasil. Sselanjutnya kami berharap Polres Palu nantinya yang pertama di Polda Sulteng yang menerima predikat WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi),” harap Kapolres Bayu.

Usai tanya jawab, Ketua Tim Kemenpan RB meninjauan lapangan, melihat dan mengecek langsung di Sentral Pelayananan terpadu , Pelayanan Satpas SIM , SKCK.

Ketua Tim Kemenpan RB pada kesempatan tersebut mengatakan bahwa peninjauan lapangan ini dilakukan sebagai pelengkap data untuk Polres Palu Menuju WBK.

“Yang terpenting dalam memberikan pelayananan kepada masyarakat, Polres Palu melayani dengan baik dan penuh keikhlasan,” ujar Ketua Tim. (afd/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here