Warga Tokorondo-Poso Hibahkan Tanah Untuk Pembangunan Klinik dan Masjid

0 0
Read Time:1 Minute, 52 Second
Kapolda Sulteng Irjen Pol Abdul Rakhman Baso (kiri) didampingi Danrem 132 Tadulako Brigjen TNI Farid Makruf (kedua kiri) melantunkan adzan usai prosesi peletakan batu pertama pembangunan masjid dan klinik kesehatan di Poskotis Operasi Madago Raya di Desa Tokorndo, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, Rabu (7/7/2021). (Foto: HO-Humas Satgas Madago Raya)

POSO, beritapalu | Warga Desa Tokorondo, Kabupaten Poso melalui Pemerintah Desa setempat menghibahkan tanah untuk pembangunan klinik kesehatan dan masjid di Pos Komando Taktis (Poskotis) Operasi Madago Raya.

Klinik Kesehatan yang akan dibangun itu terletak tepat di depan pintu gerbang Poskotis, sedangkan lokasi pembangunan masjid yang diberi nama Al-Hidayah berada di dalam Poskotis.

Menandai dimulainya pembangunan kedua bangunan itu, Komandan Korem 132 Tadulako Brigjen TNI Farid Makruf dan Kepala Operasi Madago Raya Brigjen Polisi Reza  Arief Dewanto, Kapolda Sulawesi Tengah Irjen Polisi Abdul Rakhman Baso meletakan batu pertama, Rabu (7/7/2021).

Uniknya, Kapolda Sulteng mengambil bagian mengumandangkan adzan di setiap pojok di lokasi pembangunan masjid tersebut.

“Dalam pelaksanaan tugas yang profesional harus dibarengi dengan sumber daya manusia yang memadai, untuk itu dibutuhkan mental dan rohani yang baik sesuai dengan aqidah atau agama kita masing – masing, sehingga untuk mendukung hal tersebut tentunya dibutuhkan sarana dan prasarana salah satunya tempat ibadah dan klinik kesehatan,” Jelas Kapolda Sulteng saat memberi sambutan.

Kapolda mengungkapkan, pembangunan masjid dan klinik kesehatan ini menggunakan dana hibah Pemerintah Provinsi Sulteng tahun 2020 yang diambil dari sisa dana hibah pelaksanaan pengamanan Pilkada Sulteng tahun 2020 yaitu sebesar Rp1,2 miliar.

“Setelah sisa dana hibah Pilkada 2020 dikembalikan, Polda Sulteng mengajukan revisi penggunaan dan alhamdullilah disetujui oleh Pemerintah provinsi untuk pembangunan masjid dan klinik kesehatan karena klinik kesehatan ini selain untuk personel yang terlibat operasi Madago Raya juga di peruntukan masyarakat sekitar Desa Tokorondo,” jelasnya.

Ia berharap agar setelah kedua fasilitas itu selesai dibangun, agar masyarakat tidak sungkan-sungkan lagi untuk datang berobat, sebut Penanggung Jawab Kebijakan Operasi (PJKO) Ops Madago Raya ini.

Pembangunan masjid  Al-Hidayah bermula dari keprihatinan Kapolda Sulteng melihat masjid yang ada dilingkungan Poskotis Tokorondo yang kurang layak, juga menceritakan historis dari pembangunan klinik kesahatan dimana sampai dengan saat ini bidang kesehatan dan kedokteran Polda Sulteng masih mengontrak rumah masyarakat di Tokorondo untuk digunakan sebagai klinik kesehatan. (afd/*)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *