Mahasiswa Unismuh Palu KKN Sambil Bantu Warga Terdampak COVID-19

Sejumlah mahasiswa Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu membawa kantongan berisi makanan untuk dibagikan kepada warga yang melakukan isolasi mandiri di Posko Relawan COVID-19 #RoaJagaRoa di Palu, Sulawesi Tengah, Minggu (8/8/2020). Program Pengabdian Masyarakat Unismuh Palu dalam bentuk Kuliah Kerja Nyata (KKN) bagi mahasiswa di masa PPKM ini diarahkan terlibat langsung dalam membantu penanganan warga yang terdampak COVID-19 di wilayah itu. (Foto: bmzIMAGES/Basri Marzuki)

PALU, beritapalu | Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu mengerahkan mahasiswanya yang mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) untuk terlibat langsung dalam membantu warga yang terdampak COVID-19.

Pengerahan mahasiswa dalam kegiatan KKN terkait pandemi itu merupakan respon Unismuh Palu menyikapi tren peningkatan kasus positif COVID-19 di wilayah Kota Palu sejak beberapa waktu terakhir ini.

Kabag Humas Unismuh Palu Andi Kaimuddin ST MT mengatakan, sejumlah mahasiswa yang sedang KKN itu sudah terlibat aktif di sejumlah posko atau relawan COVID-19 yang ada di Palu, di antaranya Posko RoaJagaRoa.

“Warga yang melakukan isolasi mandiri (isoman) saat ini sudah cukup tinggi dan mereka harus mengikuti prokes, salah satunya tetap di rumah. Kondisi jni memaksa mereka untuk diam di rumah dan kehilangan pendapatan,” kata Andi Kaimuddin.

Warga yang melakukan isoman kesulitan memenuhi kebutuhan sehari untuk makan, minum dan juga kebutuhan medisnya. Karenanya, keterlibatan mahasiswa KKN dalam konteks itu juga merupakan implementasi catur dhama perguruan tinggi Muhammadiyah yang salah satunya adalah pengabdian kepada masayarakat.

Sejumlah mahasiswa yang mengikuti program tersebut mengaku tidak keberatan dengan pelibatan tersebut dalam program KKN-nya. Bahkan menurut Mutmainnah, salah seorang mahasiswa, pelibatan itu adalah hal mulia, karena menyangkut kemanusiaan.

“Peran serta mahasiswa di saat pandemi sangat dibutuhkan untuk berkolaborasi dengan pemerintah dan gerakan keswadayaan masyarakat,” jelas I Made Adi Putrawan. (afd)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here