Wapres Senang GAMKI dan GMKI Hadir di Munas XI KAHMI

Advertisement
Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyampaikan sambutan pada pembukaan Musyawarah Nasional (Munas) ke-11 Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) di Palu, Sulawesi Tengah, Jumat (25/11/2022). (bmzIMAGES/Basri Marzuki)

PALU, beritapalu | Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin menyatakan rasa senangnya membuka Musyawarah Nasional (Munas) ke-11 Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) di Palu karena dua organisasi pemuda Kristen juga hadir dan bahkan mengambil peran.

Kedua organisasi Kristen itu adalah Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) dan Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI).

Rasa senang Wapres Ma’ruf itu diungkapkan saat memberikan sambutan pembukaan setelah dua organisasi tersebut menyanyikan Himne HMI yang dilantunkan dengan sangat apik usai lagu Indonesia Raya.

“Saya senang karena GAMKI dan GMKI hadir juga disini,” ucap Wapres disambut aplaus meriah dari undangan yang menghadiri acara pembukaan tersebut di Sriti Convention Hall (SCH), Palu, Jumat (25/11/2022).

Wapres menyebutkan, Indonesia menyatakan Islam Wasathiyah adalah kehidupan berbangsa dan bernegara. Toleransi dan moderasi menjadi prinsip kunci dan menjaga harmoni di dalam kebhinekaan.

Wapres menceritakan, belum lama ini perwakilan organisasi orang pandai dari kalangan islam sedunia yang berpusat di Abu Dhabi menemui dirinya untuk belajar tentang dari toleransi dari Indonesia.

“Indonesia dianggap negara yang paling toleran dan dijadikan model pengembangan islam di dunia,” katanya.

Sejumlah anggota GAMKI dan GMKI mengenakan pakaian adat berjalan usai menyanyikan Himne HMI pada pembukaan Munas XI KAHMI di Palu, SUlawesi Tengah, Jumat (25/11/2022). (bmzIMAGES/Basri Marzuki)

Menurut Wapres, dalam kunjungan itu bahkan ditekankan bukan bahasa arab yang diterjemahkan ke Bahasa Indonesia, tetapi Bahasa Indonesia yang mestinya diterjemahkan ke Bahasa Arab.

Cerita itu menurut Wapres Ma’ruf merupakan secuil dari kisah perjalanan Indonesia yang patut disyukuri, sekaligus dijadikan motivasi untuk bekerja keras dalam mewujudkan mimpi dan cita-cita.

Terkait peran itu, Ma’ruf menegaskan selama setengah abad Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) telah membuktikan aktif dan memiliki andil dalam membangun bangsa.

“KAHMI telah berkhidmat kepada bangsa melalui kerja ekonomi, politik, sosial dan budaya yang berlandaskan pada nilai islam dan Indonesia,” katanya menegaskan.

Dia berpesan agar momentum Munas XI ini seluruh jajaran KAHMI dapat menjadi pelopor kerukunan dan nilai kebangsaan Indonesia. (afd)

Advrtisement