Pameran Foto Cerita “Born of Mind” Digelar di Gedung Juang

Advertisement
Seorang mahasiswa menata salah satu rangkaian foto cerita bertema Kekerasan terhadap Perempuan karya Azizah yang dipamerkan di Gedung Juang, Palu, Jumat (12/8/2022). (Foto: bmzIMAGES/Basri Marzuki)

PALU, beritapalu | Pameran foto cerita bertajuk “Born of Mind” oleh Sarana Pecinta Fotografi (SPOT), salah satu Unit Kegiatan mahasiswa (UKM) Untad di gelar di Gedung Juang, Jalan Mawar, Palu, Jumat (12/8/2022).

Pameran foto cerita itu menampilkan sejumlah foto cerita hasil bidikan delapan anggota komunitasnya dan dibuka oleh Dewan Pembina SPOT Untad, Dyah Kartika dihadiri sejumlah pengurus UKM Untad dan tim kurator berlatarbelakang professional photographer masing-masing Budhi Papeo, Imran Rosadi, dan Basri Marzuki.

Ketua Panitia, Fatur Rahman diwakili Ihzatia Ramadani dalam laporannya mengatakan, pameran yang berlangsung hingga Minggu (14/8/2022) itu berbeda dengan pameran foto sebelumnya.

“Kalau pameran sebelumnya menampilkan foto-foto tunggal, kali ini berupa foto bercerita,” kata Ihzatia.

Sementara itu Ketua SPOT, Rizki Arifan menyebutkan, pameran itu terselenggara setelah melalui sejumlah proses, di antaranya workshop, hunting, pengumpulan foto, hingga kurasi dan melahirkan karya-karya yang siap dipamerkan.

“Born of Mind mengandung pengertian kelahiran ide yang dituangkan dalam bentuk visual foto. Tema ini sengaja diangkat sebagai bentuk ekspresi setiap peserta atas pengertiannya pada ide-ide itu dalam kaitan fotografi,” kata Arifan.

Ketua Dewan Pembina SPOT, Dyah Kartika menyatakan apresiasinya terhadap kegiatan tersebut. Ia menyarankan agar ke depannya pameran tersebut dapat memanfaatkan teknologi digital agar lebih banyak lagi orang yang dapat menikmati karya-karya yang dipamerkan tersebut.

Selain berpameran foto cerita, kegiatan itu juga diisi dengan sejumlah acara seperti sharing session dan workshop fotografi.

Pameran tersebut terselenggara atas kerjasama dengan Fisip Untad, Kataliz, Ruang Koffie, Taolipu, Poso Build Vapor, Instanusantara Palu, PaluFoto.net, dan anakuntad.com. (afd)

Advrtisement