Warga Keturunan Arab di Palu LaksanakanTradisi Iwwadh

Advertisement
Sejumlah warga berebut uang yang dibagikan pada tradisi Lebaran Arab atau Iwwadh di Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (3/5/2022). (Foto: bmzIMAGES/Basri Marzuki)

PALU, beritapalu | Ratusan umat muslim keturunan Arab yang bermukim di Palu melaksanakan tradisi perayaan Idul Fitri yang diesbut Iwwadh, Selasa (3/5/2022).

Tradisi yang telah digelar sejak puluhan tahun lalu itu dilaksanakan dengan cara bersiturahim dari rumah ke rumah. Setiap rumah dikunjungi dibacakan puji-pujian kepada Nabi Muhammad SAW sekaligus mendoakan pemilik rumah.

Puncaknya dilaksanakan di “rumah tua” Nadolly yang terletak tidak jauh dari Pasar Modern Bambaru, Palu Barat. Di tempat itu, seluruh komunitas berkumpul dan berdoa Bersama, saling bermaafan dan berbagi kebahagiaan.

“”Tradisi ini kami rayakan setiap hari kedua Idul Fitri,” ujar Farid Jafar Nassar, salah seorang warga keturunan Arab yang sudah bermukim di Palu.

Menurut Farid, tradisi Iwwadh ini sudah digelar sejak puluhan tahun yang lalu oleh warga yang tergabung dalam komunitas Islam keturunan Arab di Kota Palu.

“Bersilaturahim dari rumah ke rumah sesama warga keturunan Arab dan tradisi ini hanya diikuti oleh kaum Adam,” kata Farid.

Iwwadh berarti kembali dengan makna saling mengunjungi dan memberi salam di setiap rumah.

“Saat pandemi COVID-19 selama dua tahun tradisi ini ditiadakan,” ungkapnya.

Tradisi Iwwadh itu juga ditandai dengan bagi-bagi uang tunai kepada warga. (afd)

Advrtisement