Arus Balik Lebaran ke Palu Makin Meningkat

Advertisement
Seorang anak melihat dari jendela bus yang baru tiba dari Makassar di Terminal Angkutan Darat Tipo, Palu, Sulawesi Tengah, Sabtu (7/5/2022). (Foto: bmzIMAGES/Basri Marzuki)

PALU, beritapalu | Pascalebaran Idul Fitri, arus balik ke Kota Palu sudah mulai meningkat sejak dua hari terakhir ini, baik melalui jalur darat maupun jalur udara.

Pantauan di Bandara Mutiara Sis Aljufri Palu, Jumat (6/5/2022), jumlah penumpang yang tiba jauh lebih banyak dari penumpang yang berangkat.

Begitu pula di Terminal Angkutan Darat Tipo, jumlah penumpang yang tiba, terutama dari Makassar jauh lebih banyak dibanding penumpang yang berangkat.

Dinas Perhubungan setempat menyebutkan, puncak arus balik diperkirakan akan terjadi pada Minggu (8/5/2022), karena waktu libur lebaran sudah berakhir dan keesokan harinya (Senin (9/5/2022) Sebagian besar instansi baik pemerintah maupun swasta sudah buka Kembali.

“Saya harus pulang ke Palu karena Senin (9/5) nanti sudah harus masuk kerja Kembali,” aku Ramli, salah seorang penumpang yang baru tiba di bandara Mutiara Sis Aljufri, Palu.

“Ini waktu yang tidak terlalu buru-buru untuk kembali ke Palu, karena masih ada Minggu. Tapi saya putuskan kembali ke Palu hari ini agar bisa istirahat dulu sebelum masuk kerja Kembali pada Senin,” aku Hidayat, penumpang yang baru saja tiba dari Makassar dengan menumpang bus di Terminal Angkutan Darat Tipo, Sabtu (7/5/2022).

Seorang pengelola perusahaan bus yang melayani trayek Palu-Makassar mengatakan, kemungkinan besar kedatangan penumpang dari Makassar akan terjadi pada Minggu (8/5). Beberapa bus yang melayani trayek Angkutan Kota Antar Provinsi itu mengaku mengerahkan semua armadanya untuk jadwal kedatangan pada Minggu. (afd/*)

Advrtisement