Warga Desa Uwemanje Tunjukkan Makna Keragaman di Hari Idul Fitri

Advertisement
Umat muslim dan kristiani menyatu dalam perayaan Idul Fitri di Gedung Serba Guna Desa Uwemanje, Kinovaro, Sigi, Senin (2/5/2022). (Foto: Humas Polres Sigi)

SIGI, beritapalu | Berdiam di tempat yang jauh dari hiruk pikuk dan fasilitas yang memadai tidak berarti menjadi dangkal dalam memaknai keragaman. Setidaknya ditunjukkan oleh warga Desa Uwemanje, Kecamatan Kinovaro, Kabupaten Sigi.

Hari Raya Idul Fitri yang jatuh pada Senin (2/5/2022) dan diperingati oleh umat muslim yang ada di wilayah itu, juga disambut dengan suka cita oleh umat kristiani yang berdiam di desa tersebut.

Bahkan karena solidaritas dan toleransi yang dimikian kental itu, peringatan itu mengambil tema sentral “Perayaan Idul Fitri 1443 H Antar Umat Beragama”. Inisiatif warga itu digelar di Gedung Serba Guna, Desa Uwemanje, Kinovaro, Senin (2/5/2022).

Umat muslim dan kristiani membaur menjadi satu dalam perayaan itu. Suka cita dan gembira terpancar di antara sesama warga tanpa sekat. Kebersamaan dalam penghargaan terhadap perbedaan sangat terjaga dalam suasana silaturahim dan saling bermaafan.

“Beginilah kami di desa ini. Saling menjaga agar selalu dalam kebersamaan,” ungkap salah seorang warga.

Warga yang sedang melaksanakan perayaan Idul Fitri itu juga memberi apresiasi kepada Bhabinkamtibmas yang bertugas di wilayah itu, Bripka Endri karena telah berkesempatan hadir di tengah-tengah mereka.

Bripka Endri yang bertugas di kesatuan Polsek Marawola pun didaulat untuk menyampaikan pesan-pesan sebagai petugas terutama dalam kaitan kamtibmas di acara tersebut.

Endri menyatakan rasa terima kasihnya karena peran kamtibmas yang dijalankannya dapat diterjemahkan dengan baik oleh warga setempat. Endri bahkan berharap agar stabilitas dan keamanan serta toleransi antar umat beragama telah terbangun di wilayah itu dapat dipertahankan dan ditingkatkan.

“Dan juga, etap mematuhi protokol kesehatan,” kata Endri. (afd/*)

Advrtisement