Roa Jaga Roa dan LaporCOVID-19 Luncurkan Rumah Sehat Rakyat Virtual

Seorang relawan #RoaJagaRoa menyiapkan bungkusan makanan untuk diantarkan kepada warga yang isolasi mandiri COVID-19 di Palu, Sulawesi Tengah, Sabtu (21/8/2021). bmzIMAGES/Basri Marzuki

PALU, beritapalu | Jelang 2022, relawan sosial Roa Jaga Roa di Palu bersama koalisi perlindungan kesehatan masyarakat yang dikoordinir oleh LaporCOVID-19 di Jakarta meluncurkan Rumah Sehat Rakyat (RSR) Virtual.

Dengan pendekatan kerelawanan yang terbangun sejak pandemi melanda Indonesia, Maret 2020, RSR hadir untuk memberi layanan pendampingan oleh tenaga kesehatan bagi pasien isolasi mandiri, termasuk dukungan non-medis. Layanan didapatkan secara gratis setelah mendaftar melalui WhatsApp Chatbot.

Roa Jaga Roa yang lahir saat krisis pandemi melanda Palu dan sekitarnya di sepanjang Juli hingga September 2021, ikut andil dalam upaya mewujudkan RSR dan meluaskan gerakan sosial untuk tak sekadar merespon keadaan darurat. RSR digagas sebagai upaya edukasi dan promosi kesehatan, literasi bencana, dan utamanya hak warga mengakses kesehatan.

Nudin Lasahido yang bergiat di Roa Jaga Roa mengatakan, RSR Virtual pada intinya hadir untuk menjembatani warga yang terpapar COVID-19 dengan tenaga medis dan dukungan lainnya.

“Ada gap yang terjadi. Misalanya seorang yang terpapar COVID-19 tidak punya akses dengan tenaga Kesehatan, psikologi, atau obat-obatan yang diharapkan. RSR Virtual hadir untuk itu,” sebut Nudin, Rabu (22/12/2021).

Ia berharap RSR ini akan jadi gerakan bersama yang membesar untuk perbaikan tata kelola kesehatan di Indonesia tak terkecuali di Sulawesi Tengah. (afd/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here