Yardin Hasan dan Kartini Nainggolan Pimpin AJI Palu Periode 2021-2024

Screenshot pelaksanaan Konferkot VIII AJI Kota Palu, Sabtu (4/9/2021). (Foto; AJI Palu)

PALU, beritapalu | Pasangan Yardin Hasan dan Kartini Nainggolan terpilih menjadi Ketua dan Sekretaris Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Palu, Sulawesi Tengah, Periode 2021-2024 dalam Konferensi Kota (Konferkot) AJI Palu VIII yang digelar secara daring, Sabtu (4/9/2021).

Pasangan itu terpilih setelah mendapat 19 suara dari 33 suara yang disalurkan dalam pemilihan itu. Pasangan rivalnya, Yardin Hasan – Abdul Rifai meraih 10 suara. Empat suara abstain.

Selain memilih ketua dan sekretaris, Konferkot itu juga memilih tiga nama untuk duduk dalam Majelis Pertimbangan Organisasi (MPO) masing-masing Abdullah K. Mari, Aprisal, dan Mohammad Subarkah.

Juga merngusulkan enam nama untuk duduk dalam Majelis Etik AJI Palu yakni Tasrief Siara, Basri Marzuki, Ruslan Sangadji, Mohammad Iqbal, dan Harry Azis.

Konferta bertema “Jurnalis Kuat, Sehat dan Independen di Tengah Pandemi” itu juga disaksikan secara virtual oleh Sekretaris Jenderal AJI Indonesia Ika Ningtyas dan Koodinator Wilayah AJI untuk Sulawesi dan Maluku Qodriansyah Agam Sofyan.

Selain memilih ketua dan sekretaris, majelis pertimbangan organisasi, majelis etik, Konferta yang sempat tertunda karena rangkaian bencana yang menimpa Palu itu juga menerima dengan catatan laporan pertangungjawaban pengurus sebelumnya yang dipimpin Mohammad Iqbal dan merumuskan berbagai program kerja organisasi selama tiga tahun ke depan, termasuk merumuskan rekomendasi-rekomendasi kepada pihak eksternal.

Ketua terpilih Yadin Hasan yang juga wartawan Palu Ekpres itu dalam keynote speak-nya mengatakan, tantangan jurnalis ke depan semakin besar, tidak hanya karena faktor dari luar tetapi juga dari dalam.

Karenanya, peningkatan kapasitas jurnalis adalah hal yang tidak bisa ditawar untuk kerja-kerja ke depannya. Begitu pula terhadap ancaman dan bahkan perlakuan kekerasan yang kerap menimpa wartawan masih sering terjadi.

“Semua itu adalah tantangan kita semua, bukan untuk dihadapi oleh Yardin Hasan dan Kartini Nainggolan sendiri, melainkan kita semua. Mari kita semua saling mendukung untuk pekerjaan besar ini,” ajaknya.

Sementara itu, Sekjen AJI Indonesia Ika Ningtyas mengatakan, tidak meragukan rekam jejak pasangan Yardin-Kartini ini. Keduanya dinilai dapat membawa AJI Palu lebih baik lagi di masa yang akan datang. (afd)

Previous articleNyaris Tabrak Polisi, Tiga Warga Lore Utara Terjaring Razia Bawa Sabu
Next articlePolres Palu Gelar Vaksinasi Merdeka di Pesantren dan Rumah Ibadah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here