Bantu Persalinan di Atas Perahu, Awanti dan Antania Diganjar Penghargaan

Awanti dan Antania Ahmad diapit Gubernur Sulteng Rusdy Mastura dan Bupati Banggai Laut Sofyan Kaepa usai menerima penghargaan di Ruang kerja Gubernur, Jumat (30/7/2021). Awanti dan Antania diberi penghargaan atas dedikasinya dalam tugas dan kemanusiaan membantu seorang ibu melahirkan di atas perahu. (Foto: HO-Humas Pemprov Sulteng)

PALU, beritapalu | Aksi heroik dua tenaga kesehatan asal Kabupaten Banggai Laut, Awanti dan Antania yang membantu persalinan seorang ibu di atas perahu diganjar penghargaan oleh Gubernur Sulteng.

Dedikasi terhadap tugas dan kemanusiaan yang ditunjukkan kedua tenaga kesehatan berbuah penghargaan itu diserahkan langsung oleh Gubernur Sulteng Rusdy Mastura di ruang kerjanya, Jumat (30/7/2021).

Aksi heroik itu terjadi beberapa waktu sebelumnya. Saat itu seorang ibu, Sumarti Sawali (42 Tahun) akan melahirkan anak kedelapan  dan harus dirujuk dari Puskesmas Kecamatan Bangkurung ke Rumah Sakit Banggai di Kecamatan Banggai Tengah, Kabupaten Banggai Laut.

Dalam perjalanan menuju rumah sakit rujukan itulah di atas perahu, Sumarti merasakan ingin melahirkan. Dengan sigap keduanya langsung turun tangan membantu persalinan yang di atas perahu tersebut.

Aksi itu sempat divideokan dan menjadi perhatian banyak netizen.

Bupati Kabupaten Banggai Laut Sofyan Kaepa manyatakan, tindakan emergency mobile sering terjadi, mengingat Kabupaten Banggai Laut merupakan daerah yang dikelilingi laut.

Bupati berharap dukungan kapal emergency mobile dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah agar memudahkan masyarakat.

Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya kepada Awanti dan Antania Ahmad yang telah membantu Sumarti Sawali saat melahirkan di atas perahu.

“Insya Allah anggaran tahun depan kita akan berikan dukungan kapal emergency mobile,” janji Gubernur Rusdy kepada Bupati Banggai Laut. Gubernur saat itu juga meminta Plt. Kepala Bappeda Sulteng untuk menganggarkannya. (afd/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here