Danau Poso Diusulkan sebagai Pusat Geopark

Advertisement
Kadis Pariwisata Sulteng Diah Agustiningsih (tengah) usai menyerahkan buku hasil kajian untuk usulan Danau Poso sebagai pusat Geopark di Ruang kerja Gubernur Sulteng, Kamis (18/8/2022). (Foto: Humas Pemprov Sutleng)

PALU, beritapalu | Kepala Dinas Pariwisata Sulteng Diah Agustiningsih bersama tim menyerahkan buku hasil kajian untuk pengusulan Danau Poso sebagai pusat Geopark kepada Gubernur Sulteng, Rusdy Mastura di ruang kerja Gubernur, Kamis (18/8/2022). Buku tersebut diharapkan dapat diteruskan kepada Menteri ESDM.

Kadis Diah Agustiningsih mengatakan, buku hasil kajian dari tim yang terdiri dari akademisi dan ahli bumi yang disampaikan ke Gubernur itu telah memenuhi syarat antara lain Danau Poso adalah danau purba, pusat penelitian biologi karena ada 20 jenis endemi dan memiliki pusat arkelogi.

Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura mengapresiasi buku hasil kajian tersebut dan ia meminta agar dilakukan penjadwalan pertemuan dengan Menteri ESDM untuk menyampaikan usulan tersebut.

Gubernur juga meminta agar dilakukan kajian dan penelitian yang membenarkan Kabupaten Poso sebagai pusat peradapan dunia dengan adanya peninggalan purba berupa patung megalit di Bada yang sudah ada sebelum 1.000 sebelum Masehi. (afd/*)

Advrtisement