Antisipasi Peningkatan Mobilitas Warga, Basarnas Palu Siaga SAR

Advertisement
Apel Siaga SAR yang digelar di halaman Kantor Basarnas Palu, Senin (25/4/2022). (Foto: Basarnas Palu)

PALU, beritapalu | Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Palu melaksanakan Siaga SAR untuk mendukung pelaksanaan angkutan lebaran, terutama mengantisipasi kondisi darurat kecelakaan transportasi secara professional.

Siaga SAR itu dimulakan sejak hari ini (Senin, 25/4/2022) ditandai dengan apel kesiapsiagaan di halaman Kantor Basarnas Palu dipimpin Kepala Basarnas Palu Andrias Hendrik Johannes.

“Siaga SAR ini dilakukan dengan bersinergi dengan instansi terkait,” kata Andrias usai memimpin apel tersebut.

Menurut Andrias, pelaksanaan Siaga SAR khusus lebaran tahun 2022/1443 H kali ini sangat berbeda dengan tahun sebelumnya, karena saat ini pemerintah telah memperbolehkan kembali mudik lebaran dan diperkirakan akan terkadi peningkatan arus penumpang dan mobilitas warga masyarakat.

“Mobilitas yang meningkat ini yang perlu diantisipasi sehingga harus ada Siaga SAR,” terang Andrias Hendrik Johannes lagi.

Tim Siaga SAR khusus itu beserta alat utamanya akan ditempatkan di lokasi-lokasi strategis dan rawan kecelakaan seperti di pelabuhan, penyeberangan, bandar udara, terminal bus serta daerah wisata.

Basarnas Palu sendiri menyiagaan sebanyak 86 orang personelnya yang terdiri dari personil di Kantor Pencarian dan Pertolongan Palu, Pos SAR Parigi, Pos, SAR Luwuk, Unit Siaga SAR Toli-Toli dan Unit Siaga SAR Morowali, terang Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Palu.

Siaga SAR khusus tersebut akan berlangsung selama 21 hari terhitung sejak 22 April sampai tanggal 12 Mei 2022. (afd/*)

Advrtisement