Udin Salim Sudah Punya Amunisi Bawa PWI Sulteng Lebih Baik

Advertisement
Udin Salim (Foto: Kabarselebes.id)

PALU, beritapalu | Nama Udin Salim mencuat ke permukaan setelah mendapat dukungan penuh dari sejumlah kalangan untuk maju sebagai calon ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulteng periode 2022-2024.

Atas dukungan itu, Pemimpin Redaksi Harian Metro Sulawesi ini pun menyahutinya dengan kesediaan ikut bertarung dalam pemilihan ketua yang rencananya akan digelar pada 2 Maret mendatang dalam sebuah konferensi.

“Awalnya saya tidak punya niat sama sekali maju sebagai calon ketua PWI Sulteng, tapi karena dorongan dari teman – teman semua utamanya generasi muda PWI, ya saya nyatakan siap demi kemajuan PWI kedepan,” ujar Udin Salim, Kamis (24/2/2022).

Ia menegaskan sudah bulat dan bahkan sudah menyiapkan sejumlah “amunisi” berupa langkah stategis dan taktis untuk membawa PWI Sulteng menjadi lebih baik, lebih profesional dan bermartabat di tengah transformasi media saat ini.

Menurutnya, pembenahan perlu dilakukan di PWI Sulteng, tak hanya di urusan internal tapi juga eksternal. Penataan keanggotaan, peningkatan kualitas dan kapasitas anggota, bantuan hukum kepada anggota yang tersangkut hukum, serta mengoptimalkan kode prilaku wartawan yang tergabung di PWI adalah hal-hal tersebut.

Sementara di eksternal harus mampu tampil bersama organ pers lainnya memberikan masukkan dan kritikan yang membangun bagi penyelenggara pemerintahan baik ditingkat provinsi maupun kabupaten/kota, agar kebijakan – kebijakan yang dikeluarkan bermanfaat bagi masyararakat luas.

“PWI juga harus mampu membangun jejaring yang luas, baik kepada pemerintah maupun kepada lembaga – lembaga swasta lainnya, agar PWI makin maju dan berkembang,” tegas Udin Salim.

Tak sekadar “pepesan kosong”, Udin Salim menyiapkan visi-misinya sebagai berikut :

Visi:

Membawa PWI Sulteng menjadi lebih Profesional dan bermartabat di tengah tranformasi digital

Misi:

  1. Mengayomi dan melakukan penataan ulang keanggotaan PWI dan mendorong perekrutan anggota baru dengan tetap berpegang pada peraturan dasar dan peraturan rumah tangga PWI; Memaksimalkan peran PWI Sulteng dalam setiap momen dan kesempatan; Mengoptimalkan kode etik perilaku wartawan di internal keanggotaan PWI Sulteng;
  2. Memaksimalkan bantuan atau perlindungan hukum terhadap wartawan anggota PWI; Mendorong pembentukan lembaga advokasi wartawan.
  3. Meningkatkan kualitas sumber daya wartawan, melalui pendidikan, pelatihan-pelatihan, termasuk di antaranya menggiatkan pelaksanaan UKW untuk menciptakan lebih banyak lagi wartawan yang berkompeten.
  4. Memaksimalkan pengelolaan aset untuk kesejahteraan wartawan. Selain itu, membuka kemungkinan untuk mendirikan koperasi bagi anggota PWI Sulteng.
  5. Menerapkan sistem digitalisasi, salah satunya membuat web khusus untuk PWI Sulteng.
Advrtisement