Siap Digunakan, Tak Kumuh Lagi, Begini Wajah Baru Pasar Bambaru

Advertisement
Pasar Bambaru tampak dari depan setelah di revitalisasi, Jumat (21/1/2022). (Foto: bmzIMAGES/Bassri Marzuki)

PALU, beritapalu | Pasar Tua atau Pasar Bambaru kini berwajah baru setelah dilakukan pekerjaan revitalisasi sebanyak dua tahap sejak 2019 lalu.

Kesan kumuh, tak beraturan, seram, dan gelap Ketika memasukinya kini tidak ada lagi. Revitalisasi yang dilakukan telah mengubahnya menjadi sebuah pasar semi modern dengan fasilitas yang yang cukup baik.

Di bagian depan sekeliling pasar berlantai tiga tersebut, terdapat tempat parkir yang cukup memadai untuk menampung kendaraan pengunjung. Lapak-lapak yang selama ini terlihat di sekitar pasar tersebut, saat ini sudah dibongkar pemiliknya.

Bagian dalam Pasar Bambaru yang asri setelah direvitalisasi, Jumat (21/1/2022). (Foto: bmzIMAGES/Basri Marzuki)

“Kita sudah mau masuk jualan di pasar, makanya kita bongkar,” ujar salah seorang pedagang di tempat tersebut.

Di bagian dalamnya, sejumlah pedagang tampak mulai menata barang-barang dagangannya, baik yang berada di lantai 1 maupun lantai 2. Terkhusus lantai 3 yang diperuntukkan sebagai pusat kuliner juga sudah ditata dengan rapi.

Puluhan lapak kuliner kini sudah dibangun mengelilingi bagian atap gedung pasar itu. Dan sementara itu, sebuah panggung juga sudah berdiri sebagai bagian dari pasar kuliner di tempat tersebut.

Salah satu sisi rooftop Pasar Bambaru yang diperuntukkan sebagai pusat jajanan kuliner, Jumat (21/1/2022). (Foto: bmzIMAGES/Basri Marzuki)

“Ini sangat representatif sebagai tempat kuliner, area yang lapang dengan panggung hiburan bagi pengunjung,” komentar seorang warga lainnya usai menyaksikan tampilan rooftop pasar tersebut.

Informasi yang dihimpun, proyek revitalisasi pasar tersebut sudah dinyatakan selesai pelaksanaannya. Dinas Pekerjaan Umum selaku kuasa pengguna anggaran telah menyerahkan pengelolaannya ke Dinas Perindustrian dan Perdagangan setempat.

“Jika tidak ada halangan, rencananya akan diresmikan pada Senin (24/1/2022) ini,” kata petugas pasar tersebut, Jumat (21/1/2022).  (afd)

Advrtisement