Kelompok Pecinta Alam Tumbuh, BKKPA Gelar Pelatihan Dasar

Instruktur mempraktikkan cara penanganan korban kecelakaan pada Latihan Dasar Kepecintaalaman yang digelar Badan Koordinasi Kelompok Pecinta Alam (BKKPA) Sulawesi Tengah di Palu, Sabtu (15/1/2022). (Foto: bmzIMAGES/Basri Marzuki)

PALU, beritapalu | Badan Koordinasi Kelompok Pecinta Alam (BKKPA) Sulawesi Tengah menggelar Pelatihan Dasar Kepecintaalaman di sekitar kantor Dispora Sulteng, bekas STQ sejak Jumat hingga Minggu (16/1/2021).

Ketua BKKPA Sulteng Didi Erwin mengatakan, selain sebagai ajang silaturahmi, kegiatan yang diikuti puluhan mahasiswa tersebut juga sebagai upaya peningkatan keterampilan bagi para penggiat atau pecinta alam di Kota Palu dan sekitarnya.

Ia mengatakan, berkegiatan di alam bebas sudah banyak digandrungi dan bahkan sebagiannya dijadikan sebagai hobi. Bahkan telah berdiri cukup banyak kelompok-kelompok pecinta alam (KPA) dari berbagai tingkatan baik pekajar maupun mahasiswa.

Menurutnya itu positif saja, namun seharusnya juga dibarengi dengan keterampilan atau pengetahuan dasar kepecintaalaman karena kerap terjadi hal-hal yang di luar dugaan ketika melakukan aktivitas luar tersebut.

“inilah yang menjadi pertimbangan, kenapa kita melaksanakan pelatihan ini, selain melatih dan meningkatkan skill, sekaligus juga sebagai ajang silaturahmi,”jelas Didi.

Sekretaris BKKPA Sulteng Wahyuddin menyebutkan, kegiatan tersebut berlangsung selama tiga hari sejak Jumat hingga Minggu dengan beberapa materi seperti ilmu-ilmu dasar dalam kepecintalaman,  navigasi darat, Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD), serta Single Rope Teknik (SRT) dan tali-temali.

“Jumlah peserta dibatasi, selain karena penerapan prokes COID-19 juga demi maksimalnya serapan materi yang disajikan. Kita berharap, kegiatan ini akan intens BKKPA Sulteng laksanakan sebagai ajang , tentunya untuk peningkatan dan pengembangan SDM para pecinta alam di Sulteng,” jelas Wahyudin. (afd/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here