Kaum Muda Menanam di Bumi Perkemahan Kawatuna

Advertisement

PALU, beritapalu | Sejumlah pemuda dan pemudi yang tergabung dalam Pramuka Kwartir Cabang Kota Palu, Satuan Karya Wanabakti, dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui Balai Pengelolaan DAS dan Hutan Lindung Palu Poso melakukan penanaman pohon di Bumi Perkemahan Kawatuna, Minggu (19/12/2021) sore.

Penanaman pohon bertajuk “Kaum Muda Menanam” itu adalah program penanaman yang difasilitasi KLHK melalui Green Leadership Indonesia dan dilaksanakan secara serentak nasional yang dipusatkan di Bali.

“Untuk Sulawesi Tengah, penanaman Green Leadership Indonesia di pusatkan di Bumi Perkemahan Kawatuna dan dirangkai dengan Kemah Bakti Pramuka Kwarcab Kota Palu dan Ulang Tahun ke-38 Satuan Karya Wanabakti,” jelas Humas BapeDAS Palu-Poso, Solehuddin.

Menurut Solehuddin, kegiatan itu telah berlangsung sejak Kamis (16/12/2021) lalu dan puncaknya pada Minggu (19/12/2021) yang ditandai dengan penanaman pohon oleh sejumlah pihak terkait termasuk Pramuka dan Satuan Karya Wanabakti.

DInamai “Kaum Muda Menanam” karena penanaman pohon itu bersifat gerakan dan melibatkan anak muda sebagai pionirnya. Anak muda diharapkan punya kesadaran, kepedulian, dan kepemimpinan terhadap upaya-upaya menjaga, melestarikan dan pemulihan lingkungan.

Program ini akan memfasilitasi anak muda sebagai generasi penerus bangsa agar memiliki perspektif keadilan sosial dan lingkungan hidup dan keberpihakan kepada lingkungan hidup.

Program ini ingin menjaring calon pemimpin yang berasal dari beragam latar belakang agar semua segmen dalam masyarakat memiliki calon pemimpin yang punya prespektif green dan keberpihakan nyata bagi penyelamatan dan pelestarian lingkungan hidup.

Pada penanaman pohon serentak itu, sedikitnya 250 bibit pohon ditanam terdiri dari 50 bibit pohon kemiri, 50 pohon mahoni, 50 pohon eboni, 50 pohon tanjung, dan 50 biti petai. (afd)

Advrtisement