Meriahnya Perayaan Imlek di Vihara Eka Dharma Manggala Palu

Advertisement
Warga keturunan Tionghoa bermain suap kue sambil tutup mata pada perayaan menyambut Tahun Baru Imlek 2574 Kongzili di Vihara Eka Dharma Manggala, Palu, Sulawesi Tengah, Sabtu (21/1/2023) malam. bmzIMAGES/Basri Marzuki

PALU, beritapalu | Di beberapa tempat, warga keturunan Tionghoa di Kota Palu merayakan pergantian Tahun Baru Imlek. Salah satunya di Vihara Eka Dharma Manggala yang terletak di Jalan Abdul Rahman Saleh, Birobuli, Sabtu (21/1/2023) malam atau menejlang dini hari.

Di vihara ini beragam kegiatan digelar menandai pergantian tahun dari 2573 ke 2574 Kongzili. Menurut penanggalan China, tahun ini berzodiak Kelinci Air. Puncak perayaan ditandai dengan persembahyangan yang yang dilakukan secara Bersama-sama.

Wakil Ketua Vihara Eka Dharma Manggala, Willem Chandra menjelaskan, tradisi perayaan imlek di vihara itu sudah rutin dilakukan setiap tahunnya. Namun kali lebih terbuka disbanding dua tahun sebelumnya setelah pemerintah melonggarkan kebijakan PPKM akibat pandemi COVID-19.

Tak hanya pria, wanita pun ikut ambil bagian dalam permainan itu. bmzIMAGES/Basri Marzuki

“Malam ini ada perayaan khusus sebelum ritual persembahyangan dilaksanakan seperti permainan-permainan yang melibatkan seluruh warga. Permainan ini untuk merekatkan silaturahmi di antara sesama,” jelasnya.

Suasana akrab sangat terasa di kalangan warga keturunan itu terlebih setelah semuanya dilibatkan dalam permainan yang tak jarang mengundang tawa. Apalagi setelah atraksi barongsai ditampilkan. Anak-anak yang turut serta dalam perayaan itu larut pula dalam kegembiraan.

Usai perayaan itu, warga khusyuk dalam ritual persembahyangan yang dipandu olehs ejumlah petugas protokol vihara. Setelah itu dilanjutkan dengan “memetik keberuntungan” pada pohon keberuntungan yang terdapat di dalam vihara. Rangakian kegiatan itu ditutup dengan silaturahmi bersama dengan saling mendoakan keselamatan, perlindungan, dan keberentungan di tahun baru ini.

Mereka yang beruntung mendapatkan bingkisan. bmzIMAGES/Basri Marzuki

Willem mengatakan, tahun ini adalah tahun Kelinci Air. Kelinci disebutkan sebagai karakter yang lembut, pendiam, anggota, waspada, cepat, terampil, baik hati, sabar, dan bertanggung jawab. Namun ia juga memiliki sisi sulit mengungkapkan pikiran sehingga membuatnya gampang memberikan penilaian keras kepala pada orang lain.

Astrologi China menuliskan, kelinci jantan digambarkan sebagai sosok yang selalu memperlakukan orang dengan sopan. Orang yang lahir pada tahun kelinci juga dikatakan memiliki rasa tulus dan pribadi yang kredibel. Meski dalam masa sulit, ia tetap gigih untuk mencapai kesuksesannya.

Atraksi barongsai diselingi pemberian angpao juga dipertontonkan. bmzIMAGES/Basri Marzuki

Di China Highlights diterangkan, kelinci betina digambarkan sebagai pribadi yang memiliki penampilan cantik dan sopan. Mereka juga memiliki hati yang murni.

Tahun ini, kelinci yang dimaksud adalah kelinci air. Jenis binatang ini mampu bersahabat, menyesuaikan diri di kondisi berbeda. Sayangnya mereka memiliki pola pikir dan prinsip yang lemah. Menariknya lagi, shio kelinci juga memiliki simbol keberuntungannya masing-masing dalam nomor, hari, warna, jenis bunga, arah mata angin, dan bulan. Masih dilansir dari China Highlights, berikut daftarnya.

Usai permainan, warga melaksanakan persembahyangan pergantian tahun baru Imlek 2574 Kongzili. bmzIMAGES/Basri Marzuki

Keberuntungan di tahun Kelinci ini antara lain nomor Keberuntungan: 3, 4, 6, dan nomor dari gabungan (46, 36, 36, dll) ; tanggal Keberuntungan: 26, 27, 29 berdasarkan penanggalan Cina ; warna keberuntungan: merah, merah muda, ungu, dan biru ; bunga keberuntungan: lily, melati ; arah mata angin keberuntungan: timur, selatan, dan barat laut ; bulan keberuntungan: 1, 4, 8, dan 11 berdasarkan penanggalan Cina.

Gong Xi Fat Cay… (afd)

Advrtisement