KM Sabuk Nusantara 89 Memulai Pelayaran Perdananya dari Pantoloan Tarifnya Hanya Rp19 Ribu per Orang

Advertisement
KM Sabuk Nusantara 89 bertolak meninggalkan dermaga pada pelayaran perdananya di Pelabuhan Pantoloan, Palu, Sulawesi Tengah, Sabtu (27/8/2022). Kapal Tol Laut yang akan melayari rute Palu-Samarinda-Bontang-Ogoamas-Malala-Tolitoli-Maratua itu dioperasikan untuk meningkatkan konektivitas nusantara terutama di wilayah Timur dengan tarif relatif murah sebesar Rp19 ribu per orang dengan fasilitas yang cukup memadai. (Foto: bmzIMAGES/Basri Marzuki)

PALU, beritapalu | KM Sabuk Nusantara 89 memulai pelayaran perintisnya ditandai dengan pemberangkatan perdana sejumlah penumpang dari Pelabuhan Pantoloan, Sabtu (27/8/2022).

Kapal Tol Laut yang dihadirkan oleh Kementerian Perhubungan melalui Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Teluk Palu itu akan melayari rute Palu – Samarinda – Bontang – Ogoamas – Malala – Toli-toli – Maratua – Toli-toli – Malala – Ogoamas – Bontang – Samarinda – Palu.

Tarifnya terbilang relatif murah, hanya sebesar Rp19 ribu. Meski relatif murah begitu, fasilitas yang disediakan di kapal itu cukup memadai seperti ruangan full AC, cafe, tempat tidur dan tamu di berbagai kelas 1, 2 hingga kelas ekonomi.

“Ini yang ditunggu-tunggu,” ungkap salah seorang warga yang menumpang kapal tersebut ke Samarinda.

Ratusan penumpang ikut dalam pelayaran perdana tersebut sesuai rute yang sudah ditentukan.

“Kemarin saya dari Parepare ke Samarinda, tarifnya Rp340 ribu. Kalau KM Sabuk Nusantara 89 ini sangat murah,” komentar penumpang lainnya. Makanya lanjutnya, momentum ini sudah dinantikan biar bisa lebih hemat.

Sementara itu, sebelumnya pelayaran perdana itu dilakukan dengan sebuah kegiatan seremonial dihadiri perwakilan Kemenhub, Bupati Donggala, Kepala Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Teluk Palu, Kapolres Palu dan sejumlah pejabat Kota Palu. (afd)

 

Advrtisement