Digitalisasi Pendidikan di Palu, Telkomsel Hadirkan Platform Digital Library KIPIN

Advertisement
Demonstrasi Platform Digital Library KIPIN saat peneyrahan ke SMP Negeri 1 Palu, Senin (31/1/2022). (Foto: telkomsel)

PALU, beritapalu | Telkomsel meluncurkan Platform Digital Library KIPIN (Kios Pintar), aplikasi konten pendidikan yang membantu proses belajar mengajar siswa dan guru mulai dari tingkat SD, SMP, SMA/SMK.

KIPIN merupakan perpustakaan digital terlengkap yang memungkinkan sekolah-sekolah di Indonesia khususnya di area rural dan 3T (terdepan, tertinggal, terluar) go digital dalam waktu 3 menit saja. Aplikasi KIPIN mobile dapat diunduh pada platform IOS, Android, Windows 10 melalui smartphone, tablet maupun laptop/PC.

Sebagai bentuk dukungan terhadap pemberlakuan kebijakan Belajar Jarak Jauh dan solusi kelas hybrid, Telkomsel menyerahkan perangkat Digital Library KIPIN kepada SMP Negeri 1 Palu, Sulawesi Tengah, Senin (31/1/2022).

Kehadiran Digital Library KIPIN menambah dukungan Telkomsel pada sektor Pendidikan di Sulawesi Tengah khususnya Kota Palu. Sebelumnya juga telah menghadirkan solusi ekosistem sekolah melalui platform Skul.ID yang di implementasikan di SMK Alkhairat serta broadband solution sebagai penunjang pendidikan melalui Kartu Perdana Internet Merdeka Belajar bagi para Siswa dan Guru di Kota Palu.

Manager Branch Telkomsel Palu Royke H.V. Sumual mengatakan, melalui mesin Telkomsel Digital Library KIPIN ini, Telkomsel berkomitmen menghadirkan solusi digitalisasi sekolah sebagai salah satu upaya untuk mengatasi tantangan pendidikan terutama di masa pandemi COVID-19.

“Kami berharap anak-anak sekolah maupun para guru akan mendapatkan pengalaman baru dalam kegiatan belajar mengajar dengan pendekatan kelas hybrid yang sesuai dengan penerapan kebiasaan baru,” ujar Royke.

Kepala SMP Negeri 1 Palu Hj. Farida menyatakan terima kasihnya kepada Telkomsel atas semangat dan kontribusinya untuk terus membantu dunia pendidikan khususnya di kota Palu.

“Kali ini kami mendapat dukungan dengan hadirnya platform KIPIN yang sangat membantu digitalisasi maupun proses belajar mengajar yang baik bagi para siswa dan guru khususnya di bidang literasi dan numerasi digital,” sebut Farida.

KIPIN menyediakan lebih dari 60.000 konten berupa video pengajaran, latihan soal try out, komikliterasi untuk siswa dan guru berstandar kurikulum nasional mulai dari tingkat SD, SMP, SMA/SMK.

Selain dapat diakses secara online melalui aplikasi, KIPIN juga dapat digunakan secara offline melalui mesin yang telah terhubung dengan jaringan eduSPOT. Pengguna cukup berada dalam radius kurang lebih 10 meter dari mesin anjungan dan menghubungkannya dengan gawai pengguna, seluruh konten yang dimuat dalam layanan KIPIN dapat diakses serta diunduh secara gratis (download & go).

“Kami berharap kehadiran Digital Library KIPIN di kota Palu ini menjadi salah satu aplikasi digital learning yang dapat berkontribusi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan sistem pendidikan yang selaras dengan tujuan Pendidikan Nasional,” tutup Royke. (afd/*)

Advrtisement