Banjir Bandang Kembali Terjang Desa Rogo Kabupaten Sigi

im Rescue Basarnas Palu melakukan evakuasi warga yang terperangkap banjri bandang di Desa Rogo, Dolo Seltana, kabupaten Sigi, Minggu (29/8/2021) malam. (Foto: Basarnas Palu)

SIGI, beritapalu | Banjir bandang kembali menerjang Desa Rogo, Kecamatan Dolo Selatan, Kabupaten Sigi, Minggu (29/8/2021) sekitar pukul 20.00 Wita.

Kepala Desa Rogo, Huad Hudin yang dihubungi per telepon semalam menyebutkan, banjir bandang itu menyapu beberapa rumah di Dusun 1 desa tersebut.

“Lokasinya sama dengan banjir bandang tahun lalu, yaitu di sekitar jembatan di Sungai Rogo,” kata Huad.

Menurutnya, banjir bandang itu terjadi karena sungai tidak mampu menahan air ketika hujan deras terjadi di bagian hulu yang tereltak di pegunungan.

“Tanggul sungai yang sudah dibuat jebol, dan air yang membawa material dan potongan-potongan kayu meluap dan menyapu rumah penduduk sekitarnya,” terang Kades Huad.

Ia menyebutkan, banjir bandang kali ini lebih besar dibandingkan dengan banjir bandang tahun lalu di lokasi yang sama.

Untuk menghindari jatuhnya korban, sedikitnya 200 jiwa penduduknya terpaksa diungsikan sementara ke desa tetangga, yakni Desa Pulu.

“Mereka membtuhkan bantuan,” imbuhnya.

Tim Rescue dari Basarnas Palu sudah mendapat laporan bencana tersebut. Bassarnas Palu langsung mengerahkan anggotanya untuk melakukan upaya pertolongan di lokasi kejadian. (afd/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here