Pabrik Tepung Tapioka akan Segera Dibangun di Sigi

Advertisement
Gubernur Sulteng Rusdy Mastura mendengarkan penjelasan rencana pembangunan pabrik tepung tapioka saat meinjau lokasi di Desa Bomba, Dolo Selatan, Sigi, Selasa (16/8/2022). (Foto: Humas Pemprov Sutleng)

SIGI, beritapalu | Pabrik tepung tapioka dipastikan akan segera dibangun di Desa Bomba, Kecamatan Dolo Selatan, Kabupaten Sigi. Kepastian itu setelah Gubernur Sulteng Rusdy Mastura bersama Bupati Sigi Irwan Lapata meninjau lokasi pembangunan, Selasa (16/8/2022).

Pabrik Tapioka itu akan dibangun oleh PT. Sinar Borneo Cemerlang di atas lahan seluas tiga hektare. Nantinya, perusahaan tersebut akan memberdayakan petani di wilayah Sigi dengan menanam ubi kayu dan akan menjamin pembelian ubi kayu tersebut.

Bupati Sigi Irwan Lapata meninta agar seluruh proses perizinan dapat diurus dengan baik. Pemkab katanya akan mendukung agar proses pengurusan perizinan dapat berlangsung sebagaimana mestinya.

Bupati Irwan juga berharap agar masyarakat mendukung pembangunan pabrik tersebut dan mendorong petani untuk meningkatkan budidaya ubi kayu karena sudah ada kepastian harga dan pembeli.

Sementara itu, Gubernur Rusdy Mastura berharap PT. Sinar Borneo Cemerlang dapat memastikan perizinan pembangunan sesuai perundang-undangan dan ia mendorong masyarakat untuk meningkatkan produksi ubi kayunya.

“Yakinlah kami akan berusaha sekuat tenaga untuk meningkatkan Kesejahtraan masyarakat dan peningkatan pembangunan daerah ini,” sebut Rusdy.

Gubernur juga mengajak petani untuk memanfaatkan KUR yang bunganya hanya 3 persen.

“Kalau ada tanah masyarakat yang menganggur agar diusahakan dan diajukan kredit KUR untuk mengusahakan tanah tersebut supaya produktif dan bermanfaat,” harapnya. (afd/*)

Advrtisement