No Plastic, Komitmen Keberlanjutan di Alila Villas Uluwatu

Advertisement
Alila Villas Uluwatu dilihat dari atas. (Foto: Alila Villas)

BALI, beritapalu | Alila Villas Uluwatu menginisiasi model keberlanjutan dan keberlangsungan hidup di planet ini dengan komitmen “no plastic”. Implementasinya dengan menghilangkan semua kemasan plastic dan barang-barang yang tidak perlu di semua vila dan resortnya.

General Manager Alila Villas Uluwatu, Hemal Jain dalam rilisnya, Jumat (27/5/2022) mengatakan, Alila Villas Uluwatu sudah dikenal sebagai perintis Wisata Regeneratif. Ia juga adalah penandatangan dalam Prakarsa Pariwisata Global mengenai penggunaan plastic yang diinisiasi oleh Program Lingkungan Hidup PBB dan Asosiasi Pariwisata Dunia yang menargetkan untuk menghilangkan penggunaan plastik sekali pakai di resor di 2025.

“Dalam upaya meningkatkan swasembadanya, Alila Villas Uluwatu mengemas botol air minum sendiri, menanam bahan-bahan yang digunakan untuk restorannya di Kebun Cabai Organik, dan membuat fasilitas pengelolaan sampah di tempat, yaitu Sustainability Lab, di mana semua sampah dipilah, digunakan kembali, didaur ulang sendiri atau bekerjasama dengan mitra masyarakat, untuk memastikan tidak ada limbah yang dikirim ke tempat pembuangan sampah,” jelasnya.

Ia mengatakan, wisatawan mewah pada era modern ini mencari sustainability dalam setiap perjalanannya dan berkontribusi dalam beberapa bentuk apapun untuk lingkungan dan masyarakat.

Dalam Sustainability Journey, para tamu akan ikut tur bersama pakar Wisata Regenerative untuk mempelajari lebih lanjut tentang Sustainability Lab di Alila Villas Uluwatu, yang berdiri sejak November 2019, serta upaya swasembada dan konsep desain yang selaras dengan ekosistem alam.

“Program ini akan diakhiri dengan kegiatan membuat sambal menggunakan bahan-bahan yang dipanen langsung dari kebun cabe organic,” tambahnya.

Sebagai bagian dari pendekatan Wisata Regeneratif, Alila Villas Uluwatu berinvestasi dalam pengembangan masyarakat setempat dan mendorong pelesir dengan tujuan. Dalam program Journey to Community, para tamu akan memiliki kesempatan untuk mengunjungi dua yayasan lokal yang selama ini didukung oleh resor dalam upaya mereka untuk memberikan masa depan yang lebih baik bagi masyarakat yang membutuhkan: Bali Life Foundation, sebuah yayasan yang menyediakan perumahan, pendidikan dan perawatan kesehatan untuk anak yatim dan terlantar dari usia 5 sampai 15 tahun di Bali; dan R.O.L.E. Foundation, dimana para tamu dapat mengunjungi yayasan dan bertemu dengan anggota timnya, mengunjungi pusat daur ulang komunitasnya di Nusa Dua, dan bergabung dalam lokakarya pembuatan kertas daur ulang.

Dari kesadaran terhadap lingkungan, design yang unik, hingga kuatnya komitmen akan tanggung jawab sosial, budaya, dan lingkungan, Alila Villas Uluwatu berupaya memasukkan elemen sustainability ke dalam pengalaman tamu.

“Dengan opsi pemesanan Positive Footprint yang baru, para tamu kini dapat meningkatkan pengalaman menginap mereka ke level berikutnya, dan meninggalkan jejak positif. Alila Villas Uluwatu dengan senang hati menawarkan kepada para tamu pengalaman lebih mendalam mengenai pendekatan regeneratifnya terhadap pariwisata,” sebutnya.

Wisatawan yang merencanakan liburan ke Alila Villas Uluwatu sekarang dapat memilih untuk meningkatkan pengalaman menginap mereka dalam hal sustainability melalui opsi pemesanan “Positive Footprint” yang diluncurkan hari ini.

Memilih opsi ini akan memastikan liburan yang mencakup sustainability level tertinggi di dalam vila tamu serta peluang unik untuk menjelajahi, dan bahkan terlibat secara aktif dalam berbagai inisiatif resor bagi lingkungan dan masyarakat sekitarnya.

Sustainability adalah kemewahan model baru di resor telah bersertifikasi EarthCheck Platinum ini, desain yang dirancang khusus dan wisata bertanggung jawab yang berupaya menginspirasi pelancong generasi baru untuk menumbuhkan kesadaran mereka dan membuat dampak positif. (afd/*)

Advrtisement