Intel akan Pangkas Emisi Gas Rumah Kaca di 2040 untuk Atasi Perubahan Iklim

Advertisement
Pekerja berjalan memasuki Kantor Intel di Santa Clara, California, Ameriak Serikta. (Foto: Justin Sullivan | Getty Images)

AMERIKA SERIKAT, beritapalu | Intel akan memangkas emisi gas rumah kaca secara keseluruhan pada 2040 mendatang. Demikian Cnet melaporkan, Kamis (14/4/2022).

Intel akan berinvestasi sekitar 300 juta dolar AS sebagai langkah konservasi energi, seperti peningkatan fasilitas untuk mengurangi konsumsi daya.

Intel merinci emisi karbonnya dalam laporan pertanggungjawaban tahunan perusahaan. Tahun 2020 lalu, Intel menyumbang tiga juta metrik ton karbon dioksida atau setara dengan emisi yang dihasilkan oleh lebih dari 646.000 mobil setiap tahun.

“Kami berkomitmen untuk mencapai emisi gas rumah kaca nol bersih di seluruh wilayah operasi kami pada tahun 2040,” kata CEO Pat Gelsinger.

Kebijakan Intel untuk mencapai nol bersih karbon setelah raksasa teknologi lainnya berkomitmen untuk mengurangi emisi karbon. Dua tahun lalu, Apple berjanji untuk mencapai netralitas karbon pada 2030.

Satu tantangan yang dihadapi Intel yang tidak dimiliki oleh sebagian besar rekan Silicon Valley adalah emisi gas rumah kaca yang sangat kuat, termasuk perfluorokarbon yang digunakannya untuk mengetsa sirkuit ke microchip.

“Untuk mengurangi dampak iklimnya, Intel sering membakar gas tersebut,” kata Chief Sustainability Officer Todd Brady.

Pemotongan emisi gas rumah kaca sangat penting untuk memerangi perubahan iklim. Beberapa perusahaan teknologi seperti Climeworks, Charm Industrial dan CarbonCapture, ingin melangkah lebih jauh dengan menangkap karbondioksida dari udara.

Intel akan mengurangi emisinya secara langsung dengan cara lain dan telah menggunakan 100 persen energi terbarukan di AS serta akan mengadopsinya di Israel, Malaysia, dan negara-negara lain. (afd/*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Atasi Perubahan Iklim, Intel akan Pangkas Emisi Gas Rumah Kaca Secara Keseluruhan pada 2040

Advrtisement