Menuju Adipura, Kelurahan Ujuna Memulai dengan Pengelolaan Sampah

Camat, Lurah, Ketua LPM Ujuna, Babinsa, Bhabinkamtibmas, dan para petugas kebersihan berfoto bersama usai seremoni penyematan atribut petugas kebersihan di Lapangan Ujuna, Sabtu (10/4/2021). (Foto: bmzIMAGES/Basri Marzuki)

PALU, beritapalu | Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Ujuna selangkah lebih maju. Guna mendukung target Pemkot Palu meraih piala supremasi kebersihan lingkungan, yakni Adipura,  LPM ini memulainya dengan pengelolaan sampah.

LPM Ujuna yang diketuai Edy Luqito ini mengelola sampah dengan pelibatan penuh seluruh masyarakat termasuk para petugas sampah sebanyak 10 orang dengan lima unit armada.

“Kita menyiapkan armada pengangkut sampah sebanyak lima unit dan sampah-sampah itu diangkut dari tempat pembuangan sementara mulai pukul 18.00 – 22-00 Wita,” jelas Edy Luqito di sela-sela seremoni penyematan atribut petugas sampah di Lapangan Ujuna, Sabtu (10/4/2021).

Alhamdulillah kata Edy, setidaknya 400 Kepala Keluarga telah dengan sukarela mendukungnya dan berpartisipasi. Sedangkan mereka yang ditunjuk sebagai petugas kebersihan akan difasilitasi pula BPJS Kesehatan.

“Tapi untuk fasiltias BPJS Kesehatan itu, nanti kita akan berikan setelah berjalan dua bulan. Kenapa, kita mau melihat dulu seperti apa daya tahan mereka. Sedangkan dana untuk BPJS itu bersumber dari partisipassi warga yang diangkat sampahnya,” jelasnya lagi.

Terobosan LPM ini mendapat apresiasi positif dari Camat Palu Barat Kapau Bauwo. Kapau bahkan menyebut, langkah LPM Ujuna tersebut adalah pertama kalinya dan ia berjanji akan mengusulkan ke Pemkot Palu untuk menjadi percontohan.

“Saya kira ini pertama kalinya dan dari 42 kelurahan se Kota Palu, belum ada yang melakukan hal sepeti ini. Mudah-mudahan ini akan menjadi percontohan pengelolaan sampah berbasis masyarakat,” harap Kapau saat memberi samabutan pada acara tersebut.

Sementara itu Lurah Ujuna Rusdin menyatakan dukungan potisifnya atas terobosan LPM tersebut. Rusdin bahkan menyebut akan mendukung sepenuhnya setiap kegiatan LPM yang melibatkan masyarakat secara langsung dan memberdayakannya.

“Selama ini kita hanya dapat sertifikan Adipura, nah terobosan oleh LPM ini akan menjadi salah satu bentuk dukungan nyata bagi Pemkot Palu untuk meraih bukan hanya sertifikatnya tetapi juga pialanya, semoga,” Kata Lurah Rusdin. (afd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here