Urus SIM dan SKCK di Polres Palu Kini Bisa Dilakukan Secara Digital

Peluncuran implementasi transaksi non tunai pengurusan SIM dan SKCK di Polres Palu, Selasa (30/3/2021). (Foto: Humas Polres Palu)

PALU, beritapalu | Selangkah lebih maju, Polres Palu kini menerapkan inovasi transaksi non tunai dalam pelayanan pengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).

Penerapan transaksi non tunai itu resmi diluncurkan dalam sebuah seremoni di Polres Palu, Selasa (30/3/2021). Itu berarti, dengan smarphone, masyarakat sudah bisa melakukan pembayaran melalui transaksi non tunai.

Kapolres Palu AKBP Riza Faisal mengatakan, penggunaan layanan berbasis digital tersebut sejalan dengan Kepres Nomor 3 tahun 2021 tentang satuan tugas percepatan dan perluasan digitalisasi daerah serta mengimplementasikan program kerja Kapolri yang Presisi untuk mewujudkan Polri Modern di era 4.0.

Dengan memanfaatkan aplikasi keuangan, warga yang akan mengurus SIM, SKCK dengan menggunakan smartphone yang dapat membayar secara langsung PNBP, tanpa pengawasan langsung dengan petugas untuk mencegah pungutan pembohong atau Pungli dari oknum Polisi nakal, kata Kapolres.

“Juga dapat mencegah adanya calo, gratifikasi dan KKN. Prosesnya lebih cepat dan aman, ” imbuhnya.

Kapolres menerangkan metode pembayaran berbasis digital ini menggunakan sistem barcode yaitu QR Code Standar Pembayaran Nasional (QRIS). QRIS standar QR Code untuk pembayaran digital melalui aplikasi uang elektronik berbasis server, dompet digital, atau mobile banking. Masyarakat dapat bertransaksi dengan mudah dan aman dengan menggunakan ponsel.

Selain menerapkan transaksi QRIS dalam pengurusan dokumen, Polres Palu juga melakukan hal yang sama dalam transaksi untuk pembayaran makanan dan minuman di kantin Polres Palu sudah melayani dengan barcode QRIS.

“Polres Palu juga siapkan transaksi barcode QRIS bagi anggota yang akan memberikan sumbangan di Masjid Polres, jadi tidak perlu lagi memasukkan uang tunai di kotak amal, sudah bisa langsung dari ponsel ke rekening masjid,” tukasnya. (afd/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here