Sejumlah Program PKBI JMK Oxfam di Sulteng Dimonitor dan Evaluasi

Lead Recovery PKBI JMK OXFAM Yospina Liku La’bi (kanan) saat meninjau salah satu usaha kerajinan di desa dampiingan program, Senin (12/10/2020). (Foto: JMK OXFAM)

PALU, beritapalu | Sejumlah program PKBI JMK Oxfam yang dilaksanakan di wilayah bekas bencana di Sulteng dimonitor dan dievaluasi (Monev). Monev itu dilakukan dengan mengunjungi langsung desa-desa lokasi program.

Monev itu dipimpin langsung Lead Recovery PKBI JMK OXFAM Yospina Liku La’bi didampingi Senior Officer Logistic Tengku Rodhan, Officer HR Fajar Joko Santoso, Officer MEAL Ibnu dan beberapa assistant sector.

Beberapa sasaran monev itu seperti pembangunan Gedung MPC, rehab Fasilitas Kesehatan, pemasangan solar lamp, rambu evakuasi, papan PHBS, papan STBM, pembanguan jaringan air bersih, fasilitas Cuci Tangan Pakai Sabu (CTPS), baliho alur layanan public, baliho kampanye laki – laki baru, hingga mengunjungi kelompok usaha bentukan sector livelihood PKBI JMK OXFAM.

Di Desa Rogo, Kecamatan Dolo Selatan, Kabupaten Sigi program solar lamp yang dikerjakan sector proction telah terpasang, begitu pula dengan pembangunan MPC atau gedung serba guna yang dikerjakan sector gender, meninjau kelompok usaha yang dibentuk sector livelihood, berkoordinasi dengan kepala Desa Rogo, serta meninjau langsung pintu air di sungai Rogo yang rencananya akan dipasangkan pintu air agar pasir tidak masuk ke sawah warga.

Di Desa Toaya Vunta dan Desa Toaya di Kecamatan Sindue, Kabupaten Donggala pada Selasa (13/10/2020) dilakukan koordinasi dengan Pemdes setempat atas saran dan masukkan jika menemukan ada kendala dan masalah terkait dengan semua program tersebut.

“Kami sangat berterima kasih kepada PKBI JMK OXFAM, karena telah banyak membantu desa kami dari awal bencana sampai saat ini,” ujar Kepala Desa Toaya Vunta Haerun Y Lawisa.

Di desa itu, Yospina melihat langsung pembangunan bak yang berjarak kurang lebih satu kilo meter dari perkampungan itu, meninjau solar lamp, rambu evakuasi, papan PHBS, papan STBM, pembanguan jaringan air bersih, fasilitas Cuci Tangan Pakai Sabu (CTPS), baliho alur layanan public, serta baliho kampanye laki – laki baru.

Di Desa Toaya tim menerima masukan dari Kades terkait program rehab MPC yang dikerakan oleh vendor tanpa koordinasi dulu dengan pemerintah desa, pembangunan bak penampung air yang dikerakan oleh vendor namun tidak mengikuti saran dan masukan dari tukang yang bekerja di lapangan.

“Tukang minta 30 tripleks agar bak itu dicor satu kaligus ke atas, namun pihak vendor hanya menyiapkan 20 tripleks. Akhirnya bak nya dikerakan sepotong – sepotong. Yang kita khawatirkan, nanti ada rebesan air di sambungan cor itu,” keluh Kepala Desa Toaya.

Menanggapi keluhan itu, Yosvina menjanjikan akan mengundang vendor sekaligus mencari solusi.

Di Desa Ape Maliko, Kecamatan Sindue, Kabupaten Donggala tim mengikuti kegiatan hari mencuci tangan sedunia yang dilaksanakan sector PHP WASH. Sedangkan di Desa Pombewe, Kabupaten Sigi ditinjau pemasangan baliho kampanye laki–laki baru, fasilitas kesehatan (Faskes) yang telah selesai dibangun, bak air supor untuk kelompok sapi dan melakukan diskusi dengan beberapa kelompok peternak.

Di Desa Langaleso, Desa Sibalaya Selatan dan Desa Pandere. Di Desa Langaleso ditinjau pembangunan Faskes dan kelompok pertanian. Lead bersama PM mendapatkan faskes yang dibangun tidak aksesibel karena tidak ada bidang miringnya untuk para kelompok disabilitas.

Lead bersama PM juga meninjau solar lamp, rambu evakuasi, papan PHBS, papan STBM, pembanguan jaringan air bersih, fasilitas Cuci Tangan Pakai Sabu (CTPS), baliho alur layanan public, baliho kampanye laki – laki baru, hingga meninjau kelompok peternak bentukan sector livelihood.

Terakhir di Desa Pandere ditinjau 13 kelompok peternak kambing, pembangunan faskes yang belum aksesibel, papan PHBS, papan STBM, fasilitas Cuci Tangan Pakai Sabu (CTPS), baliho alur layanan public, baliho kampanye laki – laki baru, hingga meninjau langsung pembangunan jaringan air bersih untuk menunjau kelompok peternak yang dibentuk sector livelihood PKBI JMK OXFAM. (afd/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here