Home Peristiwa Berita Utama Penderita COVID-19 di Palu Meningkat, Gedung LPMP Dijadikan RS Darurat

Penderita COVID-19 di Palu Meningkat, Gedung LPMP Dijadikan RS Darurat

Gubernur Sulteng Longki Djanggola (tengah) berpose di depan gedung LPMP Sulteng yang dijadikan rumah sakit darurat COVID-19, Jumat (25/9/2020). (Foto: Humas Pemprov Sulteng)

PALU, beritapalu | Jumlah kamar yang tersedia di rumah sakit umum di Palu tidak mampu lagi menampung para penderita yang terkonfirmasi positif COVID-19 yang meningkat signifikan beberapa hari terakhir ini.

Karenanya, Gedung Lembaga Peningkatan Mutu Pendidikan (LPMP) yang terletak di Jalan Gatot Subroto Palu dijadikan sebagai rumah sakit darurat COVID-19 di Palu. Gedung ini memiliki fasilitas kamar sebanyak 32 unit.

“Mereka yang terinfeksi COVID-19 harus dirawat di rumah sakit atau di tempat yang disiapkan pemerintah dan terus dalam pengawasan tenaga medis,” tegas Gubernur Sulteng Longki Djanggola di sela-sela meninjau pemanfaatan gedung tersebut sebagai rumah sakit darurat COVID-19, Jumat (25/9/2020).

Gubernur dalam peninjauan itu didampingi Kepala BPKAD Propinsi Bahran dan Plt. Kadis Kesehatan dr. Jumriani.

Gubernur mencemaskan angka peningkatan kasus konfirmasi positif COVID-19 di Palu. Maka itu, ia berharap agar selain gedung LPMP, ada lagi gedung lain yang dapat dijadikan sebagai rumah sakit darurat.

Ia bahkan meminta agar seluruh rumah sakit swasta yang ada untuk menerima pasien terkonfirmasi positif COVID-19.

“Saya minta hari Senin (28/9/2020) kita undang seluruh direktur rumah sakit swasta yang ada di Sulawesi Tengah untuk membicarakan kesiapannya untuk menerima perawatan pasien terkonfirmasi positif COVID-19,’ ujar Gubernur Longki.

Sementara itu, plt Kadis Kesehatan Sulteng dr. Jumriani menyebutkan, hingga saat ini sudah ada empat orang warga yang terkonfirmasi positif COVID-19 yang sedang menjalani perawatan di gedung LPMP Sulteng.

“Rumah sakit darurat ini dilayani empat dokter dan delapan perawat,” beber dr. Jumriani.

Sementara itu, Pusdatina COVID-19 Sulteng melaporkan, jumlah kasus positif di Sulteng per hari ini (Jumat (25/9/2020) bertambah lagi enam orang, sehingga totalnya menjadi 354 kasus.

Tambahn enam kasus positif tersebut, tiga di antaranya di Kota Palu, sati di Kabupaten Banggai, dan dua di Kabupaten  Morowali. (afd/*)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version