Menikmati Sore di Bantaran Sungai Palu yang Sejuk dan Asri

Sejumlah warga beraktivitas di sekitar jalan lingkungan bantaran sungai yang sudah ditata di Palu, Sulawesi Tengah, Sabtu (19/9/2020). (Foto: bmzIMAGES/Basri Marzuki)

PALU, beritapalu | Dua bocah saling kejar di atas pavin block yang membentuk jalan lingkungan. Tidak jauh dari situ, beberapa bocah lelaki mengayuh sepeda mininya secara beriringan sembari membincangkan virus corona di Palu yang katanya jumlahnya bertambah signifikan.

Di pipa besi stainless yang menjadi pembatas jalan dengan Sungai Palu, sejumlah remaja dan orang tua tampak asik menyoal Pilkada Kota Palu yang saat ini memasuki tahapan pendaftaran dan pemeriksaan bakal calon wali kota dan wakil wali kota Palu. Tak ketinggalan beberapa ibu dengan cerita drama Korea yang baru saja ditontonnya.

Lengkaplah suasana di bataran sungai itu menjelang petang. Rekah matahari sore yang sebentar lagi tenggelam cukup mendramatis setiap adegan di tempat yang dulunya tergolong “kumuh” itu. Suara musik redu-redam dari beberapa warung kecil yang berdiri di beberapa titik kian memojokkan suasana yang sentimentil.

Kini, bantaran sungai yang terletak di Kelurahan Besusu Timur itu menjadi tempat yang cukup “romantis” bagi para penganut mashab “resah”. Bibir sungai yang dulunya dipenuhi belukar, kini kinclong dengan aneka tanaman produktif dan menjadi pemanis alami. Tak ada lagi “emas mentah” yang memekakkan penciuman seperti dulu. Tak ada lagi jamban yang kalau di tempat lainnya biasanya menjorok keluar ke sungai.

Semilir angin yang terus bertiup dari arah sungai, bisa dipastikan menjadi penawar rasa. Kopi dan aneka minuman serta penganan ringan bisa menjadi teman yang baik menikmati sore di atas balai di tempat itu. Tontonan nafas kehidupan warga yang berdiam di sekitarnya juga bisa menjadi aksesori bagi cermin diri.

Sejumlah anak berjalan di jalan lingkungan bantaran sungai yang sudah ditata di Palu, Sulawesi Tengah, Sabtu (19/9/2020). (Foto: bmzIMAGES/Basri Marzuki

 

Anak berjalan di jalan lingkungan bantaran sungai yang sudah ditata di Palu, Sulawesi Tengah, Sabtu (19/9/2020). (Foto: bmzIMAGES/Basri Marzuki

 

Warga mengendarai sepeda motor melintas di jalan lingkungan bantaran sungai yang sudah ditata di Palu, Sulawesi Tengah, Sabtu (19/9/2020). (Foto: bmzIMAGES/Basri Marzuki

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here