Home Indeks OJK Sulteng Apresiasi Peluncuran Kredit Mikro Kacang Tanah

OJK Sulteng Apresiasi Peluncuran Kredit Mikro Kacang Tanah

Pimpinan OJK dan Pemkab Sigi sefta tim TPKAD Sigi usai pengukuhan di Desa Sidera, Sigi, Kamis (17/9/2020). (Foto: HO/OJK Sulteng)

SIGI, beritapalu | Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi mengukuhkan terbentuknya Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kabupaten Sigi yang dilanjutkan dengan Peluncuran Penyaluran Kredit Mikro Kacang Tanah.

Pengukuhan tersebut dilakukan di Desa Sidera dihadiri Kepala Kantor OJK Sulteng Gamal Abdul Kahar, Sekretaris Daerah Kabupaten Sigi Moh. Basir dan para Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Direktur Utama Bank Sulteng, Perwakilan Industri Jasa Keuangan, Indonesia Marketing Asociation (IMA), Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) dan sejumlah petani kacang tanah di Kabupaten Sigi, Kamis (17/9/2020).

Ketua OJK Sulteng, Gamal Abdul Kahar menyambut baik respon dan niat baik Pemkab Sigi dalam mendorong pembentukan TPAKD yang menunjukan bentuk keseriusan dalam mendorong penguatan ekonomi dan Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di Kabupaten Sigi.

Gamal mengharapkan adanya kemitraan strategis antara OPD dan pelaku industri jasa Keuangan dapat menciptakan sumber ekonomi kerakyatan baru, memperluas kesempatan kerja, dan mewujudkan pemerataan ekonomi di Kabupaten Sigi.

Gamal menyebut bahwa sektor pertanian merupakan sektor yang memberikan peranan penting dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat serta penopang pembangunan, baik dari segi penyediaan bahan baku, bahan pangan, serta sebagai daya beli bagi produk yang dihasilkan sektor lain.

“Kabupaten Sigi merupakan salah satu daerah di Sulteng yang memiliki lahan pertanian yang subur dengan kondisi iklim dan tanah yang mendukung sektor pertanian,” kata Gamal.

Sementara itu OJK Sulteng mengapresiasi upaya Bank Sulteng dalam mendukung Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dan TPAKD Kabupaten Sigi guna mendorong penguatan ekonomi melalui penyaluran kredit mikro kacang tanah kepada para petani kacang tanah Kabupaten Sigi.

Pada tahap awal penyaluran kredit kacang tanah diberikan kepada sebanyak 19 debitur dengan total lahan 20 hektar dengan plafond sebesar Rp15 juta per debitur. Mekanisme pencairan tidak secara langsung dicairkan secara tunai kepada petani penggarap melainkan melalui mekanisme yang telah disepakati oleh Bank Sulteng dan PT Gunanusa Eramandiri selaku Offtaker.

Dengan adanya TPAKD Kabupaten Sigi diharapkan akses masyarakat ke sektor jasa keuangan akan semakin mudah dan terbuka serta memperbesar kemampuan lembaga jasa keuangan dalam memberikan layanan dan produk sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Acara tersebut dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan COVID 19 dan juga dilakukan pembagian masker serta hand sanitizer oleh OJK, walaupun berdasarkan data Satuan Tugas Penanganan COVID 19 bahwa status Kabupaten Sigi Tidak Ada Kasus atau Zona Hijau.  (afd/*)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version