Pohon Bakau di Pantai Dupa Mamboro Mulai Tumbuh

Seorang warga memasang jaring ikan di antara anakan pohon bakau yang mulai tumbuh di pantai Kelurahan Mamboro, Palu, Sulawesi Tengah, Sabtu (12/9/2020). (Foto: vmzIMAGES/Basri Marzuki)

PALU, beritapalu | Upaya sejumlah relawan untuk mencegah meluasnya abrasi di Pantai Dupa, Kelurahan Mamboro Palu dengan menanam pohon bakau, tampaknya akan menuai hasil positif. Itu ditandai dengan tumbuhnya anakan bakau di pesisir pantai tersebut.

Barisan anakan pohon bakau di pesisir pantai yang ditanam relawan lingkungan dan kemanusiaan di tempat itu pascabencana tsunami 28 September 2018 lalu tampak sudah berdaun lima hingga delapan helai.

Tak itu saja, kehadiran bakau itu juga telah memantik ikan-ikan kecil untuk berdatangan. Seorang warga tampak dari kejauhan memasang jaring ikan di depan barisan anakan pohon bakau tersebut.

“Ini pertanda positif, mudah-mudahan dapat tumbuh dengan baik sehingga bisa mencegah abrasi di pantai ini,” ujar Anwar, salah seorang warga Mamboro, Sabtu (12/9/2020).

Anakan phon bakau yang sudah mulai tumbuh di Pantai Dupa, Kelurahan Mamboro, Palu, Sabtu (12/9/2020). (Foto: bmzIMAGES/Basri Marzuki)

Tak itu saja, bakau yang diharapkan tumbuh dan besar di tempat itu akan menjadi “perisai” jika tsunami kembali terjadi di wilayah itu.

“Kita tidak berharap tsunami terjadi lagi, tapi kalaupun bencana harus terjadi lagi, semoga pohon bakau ini bisa menjadi pelindung dengan menahan ombak. Karena ini sudah terbukti di wilayah pesisir Donggala yang selamat pada bencana lalu karena ada bakau yang menahannya,” terang Anwar lagi.

Anwar berharap, pohon bakau yang sudah mulai tumbuh di sepanjang pesisir pantai Dupa itu dapat dijaga bersama, terutama warga setempat. Karena menurutnya, tanpa partisipasi warga setempat, harapan itu sulit untuk dicapai.

“Tapi saya yakin warga disini secara bersama-sama telah menjaga dan merawatnya. Buktinya, bakau ini bisa tumbuh. Semoga ini bisa dipertahankan,” harapnya lagi. (afd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here