Dinilai Penting, Pangdam XIII/Merdeka Hadiri Kampanye Pemakaian Masker di Palu

Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Santos G Matondang (dua kiri) didampingi Danrem 132/Tadulako Brigjen TNI Farid Makruf (tengah) pada kampanye penggunaan masker bersama Kapolda Sulteng Irjen Pol Abdul Rakhman Baso (kanan) di Taman GOR Palu, Kamis (10/9/2020). (Foto: Penrem 132/Tdl)

PALU, beritapalu | Kampanye Pemakaian Masker yang dihelat Polda Sulteng di Taman GOR Palu dinilai penting, karenanya Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Santos G Matondang secara khusus menghadirinya di Taman GOR Palu, Kamis (10/9/2020).

Pangdam XIII/Merdeka pada didampingi Danrem 132/Tadulako Brigjen TNI Farid Makruf bahkan turut menyerahkan masker tersebut secara simbolis kepada perwakilan anggota TNI dan Polri, Bawaslu Sulteng, LSM, tokoh masyarakat dan sejumlah unsur lainnya.

Menghadapi Pilkada Serentak, Pangdam menilai, penerapan protokol kesehatan mutlak dilaksanakan untuk mencegah penyebaran COVID-19. Salah satu implementasinya adalah dengan selalu mengingatkan warga agar terus mengenakan masker.

Kepentingan Pangdam XIII/Merdeka tidak pada kampanye masker itu saja, sinergitas tugas perbantuan TNI kepada Polri guna mengantisipasi berbagai potensi gangguan khususnya penanganan konflik sosial dan potensi kerawanan pada setiap tahap Pilkada Serentak 2020.

Menjelang pelaksanaan Pilkada Serentak ini, peningkatan  suhu politik sudah mulai meninggi dan berpotensi  menimbulkan kerawanan sosial politik yang  dapat menjurus kepada gangguan Kamtibmas.

“Hal tersebut harus segera dapat diantisipasi  oleh aparat keamanan dan khususnya personel  yang terlibat dalam operasi mantap praja  tinombala-2020 dan stakeholder lainnya,” ujarnya.

Kapolda Sulteng Irjen Pol. Abdul Rakhman Baso mengatakan, Pilkada serentak tahun 2020  ini  merupakan pilkada istimewa, karena  pelaksanaannya dilakukan pada masa pandemi  CAVID-19, yang mana akan ada aturan-aturan  atau tahapan-tahapan yang berorientasi pada  keselamatan dari potensi penularan wabah.

“Saya mengajak semua  stakeholder, partai politik pendukung, LSM dan masyarakat pendukung dari masing-masing calon untuk selalu mengedepankan keamanan  dan patuh terhadap himbauan pemerintah  tentang protokol kesehatan, untuk mencegah  penyebaran covid-19,” harap Kapolda. (afd/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here