Dua Kali Cabuli Anak Kandung, Pria Ini Diancam Penjara 15 Tahun

Tersangka AW (tengah) dikawal polisi saat rilis kasus pencabulan anak di bawah umur di Mapolres Sigi, Sulawesi Tengah, Senin (31/8/2020). (Foto: bmzIMAGES)

SIGI, beritapalu | Seorang ayah berinisial AW (47 tahun) terpaksa berurusan dengan pihak berwajib lantaran dilaporkan mencabuli anak kandungnya sendiri yang masih remaja. Ia dilaporkan isterinya sendiri setelah mendapat pengakuan dari sang korban.

Kapolres Sigi AKBP Yoga Priyahutama kepada sejumlah wartawan di Mapolres Sigi, Senin (31/8/2020) mengungkapkan, peristiwa amoral yang melibatkan ayah dan anak itu terjadi pada 8 Juli 2020 sekitar pukul 02.00 Wita di salah satu desa di Kecamatan Dolo, Kabupaten Sigi.

Saat itu jelas Kapolres Yoga, AW pulang ke rumah dalam keadaan mabuk. Sesampainya di rumah, ia mendapati anaknya yang masih berusia 15 tahun itu sedang tertidur dengan pakaian yang tersingkap ke atas.

Melihat itu, tanpa berpikir panjang AW langsung menindih darah dagingnya sendiri. Korban berusaha meronta, namun dayanya terlalu lemah untuk melawan sang ayah yang sudah terasuk  nafsu.

“Pada 26 Juli 2020, AW kembali melakukan aksi yang sama di tempat yang sama, yakni di rumah mereka,” kata Kapolres Yoga.

Atas peristiwa beruntun yang menimpanya itu, korban mengalami trauma dan ketakutan hingga akhirnya diceritakan kepada ibu kandungnya beberapa hari kemudian.

Tak ayal lagi, sang ibu langsung melaporkan kejadian itu ke Polres Sigi dengan laporan bernomor LP/178/VIII/2020/SPKT-II/Sulteng/Res.Sigi, tanggal 13 Agustus 2020.

Mendapat laporan seperti itu, Satuan Reskrim Polres Sigi langsung menindaklanjutinya dengan melakukan interogasi dan pemeriksaan terhadap saksi-saksi dan mengumpulkan barang bukti. Setelah bukti permulaan dianggap mencukupi, dilakukan penahanan terhadap tersangka AW.

“Setelah dilakukan interogasi, tersangka AW mengakui semua perbuatannya,” ujar Kapolres yang saat itu didampingi Wakapolres Sigi Kompol S. Sumangkut.

Beberapa barang bukti yang berhasil diamankan antara lain baju kaos, celana panjang, celana dalam, dan BH.

Tersangka AW kini sedang ditahan di Mapolres Sigi dan akan dijerat dengan Pasal 81 ayat (3) dan atau Pasal 82 ayat (2) Undang – Undang No.17 Tahun 2016  tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang – Undang No 1. Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua atas Undang – Undang   No.23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak menjadi Undang – Undang Jo Psl 64 ayat (1) KUHP dan atau Pasal 46 Juncto pasal 8 huruf a Undang – Undang No.23 tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga Jo Psl 64 ayat (1) KUHP, dengan ancaman hukuman penjara paling singkat 5 (lima) tahun dan paling lama  15 (lima belas) tahun. (afd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here