Kapal Pengangkut Semen Kandas di Pelabuhan Bungku, 14 ABK Dievakuasi

Evakuasi paa ABK KM Narita, kapal pengangkut semen yang kandas di Pelabuhan Bungku, Morowali, Rabu (17/6/2020). (Foto: HO/Humas Basarnas Palu)

MOROWALI, beritapalu | Sebuah kapal pengangkut semen, KM. Narita kandas di Pelabuhan Bungku, Kabupaten Morowali, Rabu (17/6/2020) sekitar pukul 18.10 Wita.

Kepala Basarnas Palu, Basrano menjelaskan, kapal itu awalnya sudah bersandar di Pelabuhan Bungku. Namun karena terjadi cuaca buruk, kapal itu berusaha mengamankan diri dengan meninggalkan dermaga.

“Saat mengambil haluan, kapal tiba-tiba miring dan air masuk ke palka kapal,” terang Basrano, Rabu (17/6/2020) malam.

Akibatnya, delapan dari 14 orang Anak Buah Kapal (ABK) terjun ke laut untuk menyelamatkan diri dan berhasil dievakuasi oleh nelayan setempat dalam keadaan selamat.

Sedangkan enam ABK lainnya yang masih bertahan di kapal kemudian dievakuasi oleh tim SAR Gabungan antara lain Tim Rescue Unit Siaga SAR Morowali, Pos AL, Polair, Polsek Bungku, Koramil, BPBD, dan warga setempat.

“Setelah seluruhnya dievakuasi, mereka kemudian dibawa ke Kantor Syhabandar dan dilanjutkan pengecekan kesehatan,” kata Basrano. (afd/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here