Pemkot Palu Kembali Raih Predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian

Wali Kota Palu Hidayat (kanan) menunjukkan surat opni Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) di Palu, Jumat (12/6/2020). (Foto: HO/Humas Pemkot Palu)

PALU, beritapalu | Pemkot Palu kembali meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kota Palu 2019 oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sulawesi Tengah.

Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan yang dihadiri langsung oleh Wali Kota Palu Hidayat bersama Wakil Ketua II DPRD kota Palu, Rizal tersebut dilaksanakan secara daring melalui Video Conference di ruang rapat Bantaya kantor Wali kota Palu, Jumat (12/6/2020).

Kepala BPK RI Perwakilan Sulawesi Tengah, Muhaimin Marpaung mengatakan, hasil yang diperoleh ini menunjukkan komitmen Pemkot Palu beserta jajaran OPD-nya terhadap kualitas keuangan yang dihasilkan dan tentu tidak terlepas dari sinergi yang efektif terhadap seluruh pemangku kepentingan di Kota Palu.

“Diharapkan tetap meningkatkan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan negara di lingkungan Pemerintah kota Palu, sehingga akan terus mempertahankan opini atas kewajaran laporan keuangan,” katanya.

Wali kota Palu Hidayat menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada BPK RI perwakilan Sulawesi Tengah yang telah melaksanakan pemeriksaan keuangan daerah dengan ketelitian yang super.

“Ini membuktikan bahwa kehadiran BPK RI perwakilan Sulawesi Tengah telah mewujudkan kesungguhan dan betul-betul penuh dedikasi dalam menjalankan tugas mengawasi keuangan daerah,” ucapnya.

Wali Kota menyatakan pihaknya bersama DPRD Kota Palu akan segera melakukan perbaikan-perbaikan atas berbagai temuan dari hasil pemeriksaan BPK dan segera memanggil para pimpinan OPD terkait di lingkup Pemerintah kota Palu.

Selain Pemerintah kota Palu, BPK RI perwakilan Sulawesi Tengah pada kesempatan yang sama juga memberikan opini WTP terhadap dua kabupaten lainnya yaitu kabupaten Poso dan Kabupaten Banggai Laut. (afd/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here