Pekan Ini akan Digelar Rapid Test Massal di Kota Palu

Sekdaprov Sulteng yang juga Ketua Gugus Tugas COVID-19 Sulteng Hidayat Lamakarate (kiri) memimpin rapat koordinasi di ruang kerja Sekdaprov Sulteng, Selasa (26/5/2020). (Foto: HO/Humas Pemprov Sulteng)

PALU, beritapalu | Untuk mendeteksi penyebaran virus corona yang dinilai sudah menjadi trasmisi lokal, Pemrov Sulteng melalui Gugus Tugas COVID-19 Sulteng bekerjasama dengan Gusu Tugas COVID-19 Kota Palu akan melakukan Rapid Test massal.

Rencana itu terungkap pada rapat koordinasi yang dipimpin Sekdaprov Sulteng Hidayat Lamakarate yang juga ketua harian Gugus Tugas COVID-19 Sulteng di ruang kerja Sekdaprov Sulteng, Selassa (26/5/2020).

Hidayat meminta Kadis Kesehatan Sulteng dr. Reny Lamadjido yang juga Wakil Sekretaris Gugus Tugas COIVD-19 Sulteng untuk mempersiapkan rencana tersebut agar dapat dilaksanakan dengan baik.

Sayangnya, dalam rapat yang juga dihadiri Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulteng Bartholomeus Tandigala itu belum menetapkan hari pelaksanaan dan berapa banyak massa yang akan di Rapid Test, kecuali menetapkan pada minggu ini.

“Kita Harus pastikan minggu ini kita sudah lakukan Rapid Tes di Kata Palu,” kata Hidayat.

Sementara itu, Kadis Kesehatan Sulteng dr. Reny Lamadjido melaporkan bahwa beberapa daerah di Sulawesi Tengah seperti Poso , Kota Palu dan Buol sudah masuk daerah penyebaran dalam transmisi lokal.

Disebutkan juga progres percepatan kesembuhan pasien COVID-19 di Sulteng cukup menggembirakan. Dinas Kesehatan Sulteng katanya mendorong Dinas Kesehatan Kabupaten dan Kota untuk melakukan Rapid  test seperti yang sedang dilakukan di Kabupaten Buol sebanyak 90 orang dan di Tolitoli sebanyak 80 orang. (afd/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here