Dirlantas Polda Sulteng Gagalkan 953 Kendaraan yang Ingin Mudik

Petugas menghentikan kendaraan yang melintas di Palu, Sabtu (2/5/2020). (Foto: Humas Polda Sulteng)

PALU, beritapalu | Hingga H-2 hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah, Direktorat Lalu Lintas Polda Sulawesi Tengah menggagalkan sedikitnya 953 kendaraan yang hendak mudik.

Direktur Lalu Lintas Polda Sulteng, Kombes Polisi Kingkin Winisuda yang juga Kepala Satuan Tugas Daerah (Kasatgasda) Operasi Ketupat Tinombala 2020 mengatakan, ke-953 kendaraan tersebut disuruh putar balik kembali.

Pelarangan mudik itu sesuai dengan instruksi presiden dan maklumat Kapolri untuk mencegah penularan atau penyebaran COVID-19 di daerah-daerah.

Kombes Kingkin merinci, dari 953 kendaraan yang disuruh putar balik itu, lebih dari setengahnya dalah sepeda motor, yakni sebanyak 593 kendaraan, disusul kendaraan roda empat sebanyak 324 dan bus atau angkutan umum sebanyak 36 kendaraan.

Wilayah yang paling banyak menemukan pelanggaran larangan mudik adalah Polres Sigi, yaitu sebanyak 574 kendaraan, Polres Tolitolitoli 223 kendaraan, Polres  Parigi Moutong 86 kendaraan, Polres Touna 58 kendaraan, Polres Poso 7 kendaraan, Polres Palu 5 kendaraan,

Pelanggaran larangan mudik banyak ditemukan di Pos Karanja Lemba sebanyak 120 kendaraan, Pos Mpanau 117 kendaraan, Pos Guru Tua 87 kendaraan, Pos Sekat Toboli 86 kendaraan dan sisanya beberapa pos sekat, pos pelayanan dan pos pengamanan.

Ia mengimbau masyarakat untuk sementara menangguhkan mudik bertemu keluarga pada lebaran kali ini untuk mencegah penyebaran COVID-19. (afd/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here