Kapal GGM yang Hilang Kontak di Perairan Tinombo Ditemukan, Semua ABK Selamat

KM GGM bersandar di pelabuhan Tinombo setelah ditarik KM Lintas Bahari, Rabu (20/5/2020). (Foto: Basarnas Palu)

PALU, beritapalu | Kapal nelayan KM GGM yang kehilangan kontak saat menjaring ikan di perairan Tinombo, Kabupaten Parigi Moutong, Selasa (19/5/2020) akhirnya ditemukan pada Rabu (20/5/2020) dinihari.

Kepala Basarnas Palu, Basrano mengatakan, semua Anak Buah Kapal (ABK) yang berjumlah 20 orang dalam keadaan selamat.

“Kapal itu berhasil ditemukan pukul 01.00 Wita oleh KM Lintas Bahari, lalu ditarik karena mesin mati,” ujar Basrano, Rabu (20/5/2020).

Saat ini katanya, KM GGM yang berbobot mati 28 Gross Ton dengan panjang 25 meter itu bersandar di pelabuhan Tinombo.

Dengan ditemukannya kembali kapal nelayan itu, maka operasi SAR ditutup dan semua personeil dikembalikan ke pos masing-masing.

Diberitakan sebelumnya, pada Senin (18/5/2020), KM GGM yang mengangkut 22 ABK turun ke laut menjaring ikan. Sesampainya di perairan Tinombo, kapal tersebut bersandar di sebuah rompong. Namun rompong itu terputus.

Dua ABK lalu berusaha mengejar rompong yang putus itu dengan perahu namun tidak terkejar dan berhenti. Ketika hendak kembali ke kapal, kedua ABK itu melihatnya terlalu jauh sehingga keduanya memutuskan kembali ke darat dengan perahu yang ditumpanginya.

Selasa (19/5/2020), kedua ABK itu tiba di darat dan ternyata kapal GGM belum tiba juga di pelabuhan sehingga dipastikan ada masalah dengan kapal tersebut. Dilaporkanlah insiden itu ke Basarnas. (afd/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here