Banjir Bandang di Desa Poi, 5 Rumah Hilang, 40 Tertimbun Lumpur

Seorang anak berada di bekas rumah yang hilang diterjang banjir bandang di Desa Poi, Kecamatan Dolo Selatan, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Sabtu (16/5/2020). (Foto: bmzIMAGES/Basri Marzuki)

SIGI, beritapalu | Derita warga Desa Poi, Kecamatan Dolo Selatan, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah tak kunjung selesai. Belum lama di terjang banjir bandang, Jumat (15/5/2020) kembali diterjang banjir bandang.

Banjir bandang yang terjadi pada Jumat (15/5/2020) sekitar pukul 22.00 Wita itu sedikitnya merusak 40 unit rumah warga, dan menyebabkan lima unit rumah lainnya hilang diterjang banjir di Dusun II dan III.

Pemerintah Desa Poi melaporkan, sedikitnya 45 Kepala Keluarga atau 84 jiwa yang di antaranya terdapat 8 orang lansia, 11 balita, dan 2 ibu hamil terdampak banjir bandang yang terus berulang tersebut.

Sekitar 200 meter jalan poros yang menghubungkan Palu – Bangga tidak dapat dilalui karena tertimbun lumpur setinggi lutut.

Hingga Sabtu (16/5/2020) menjelang sore, sedikitnya dua unit eksavataor dan sebuah alat berat lainnya dikerahkan untuk menyingkirkan lumpur yang menutup jalan tersebut. Sementara warga yang terdampak terpaksa mengungsi sementara ke rumah-rumah keluarganya.

Sejumlah warga menerangkan, banjir bandang itu adalah luapan dari sungai mati yang ada di desa tersebut.

“Sungai mati sebenarnya ini, nanti ada airnya kalau ada hujan. Mungkin karena hujan deras di gunung, dan sungai tidak mampu menampungnya, maka air meluap dan membawa material lumpur dan batu,” jelas salah seorang warga.

Sementara itu warga lainnya memperingatkan potensi bencana banjir bandang tersebut bakal terulang jika hujan deras terjadi lagi di gunung.

“Ini bisa terjadi lagi jika hujan deras lagi di gunung, karena memang tidak ada penampung air atau pengaliran air kecuali sungai mati itu,” sebutnya.

Pemkab Sigi pun memperingatkan warganya yang berdiam di desa itu agar mewaspadai kemungkinan itu, apalagi dengan intensitas hujan yang belakangan ini cukup tinggi di wilayah itu. (afd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here