Empat Desa Di Kecamatan Petasia Timur, Morowali Utara Terendam Banjir

Aparat berada di atas jalan yang digenangi Banjir di Kecamatan Petasia Timur, Morowali Utara, Sulteng, Senin (4/5/2020). (Foto: BPBP Morowali Utara)

PALU, beritapalu | Sediktnya empat desa di Kecamatan Petasia Timur, Kabupaten Morowali Utara terendam banjir akibat hujan deras yang mengakibatkan meluapnya Sungai Tambalako, Senin (4/5/2020).

Informasi yang diperoleh dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Morowali Utara menyebutkan, keempat desa terendam banjir itu masing-masing Desa Ungkea, Desa Towara Pantai, Desa Mohoni dan Desa Peboa.

Banjir itu terjadi pada pagi hari sekitar pukul 07.00 Wita

Di Desa Ungkea, ketinggian air antara 50 sampai 150 cm, sedangkan di Desa Mohoni dan Desa Peboa antara 30 sampai 50 cm, dan di Desa Towara Pantai antara 80 sampai 100 cm.

Di Desa Towara Pantai, banjir bukan hanya diakibatkan oleh meluapnya sungai Tambalako, namun juga karena jebolnya tanggul tanah sepanjang 100 meter dan menyebabkan air betambah tinggi dan menggenangi rumah dan jalan-jalan.

Sejauh ini menurut BPBPB Morowali Utara, setidaknya 152 rumah warga terdampak banjir tersebut yang mencakup lebih dari 526 Kepala Keluarga. Sejumlah fasilitas umum juga tergenang banjir seperti Kantor Desa, PAUD, tempat ibadah, sekolah, balai desa dan juga jalan raya tertutup air.

Saat ini, air sudah surut kembali dan sebagian warga sudah kembali ke rumah masing-masing, kecuali di Dusun V Desa Ungkea yang masih m mengungsi ke rumah-rumah keluarganya yang tidak terdampak banjir sebanyak 13 KK atau 45 Jiwa. (afd/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here