Update COVID-19 Sulteng, Jumlah Positif Tidak Berubah, Tapi ODP dan PDP Bertambah

Petugas kesehatan mendata penumpang yang baru saja tiba di terminal kedatangan Bandar Udara Mutiara Sis Aljufri, Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (14/4/2020). (Foto: Basri Marzuki/bmzIMAGES)

PALU, beritapalu | Gugus Tugas COVID-19 Sulawesi Tengah kembali mengumumkan update perkembangan penanganan virus corona di Sulteng per Senin (27/4/2020).

Juru Bicara Gugus Tugas COVID-19 Sulawesi Tengah Moh. Haris Kariming mengungkapkan, jumlah kasus positif COVID-19 Sulteng per hari ini tidak berubah, yakni tetap berjumlah 36 kasus.

Namun demikian, Orang Dalam Pemantauan (ODP) bertambah lima orang hari ini. Kelima ODP baru itu terbagi masing-masing satu orang di Palu, Donggala, Parigi Moutong, Morowali, dan Morowali Utara.

Sedangkan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) juga bertambah sebanyak dua orang yang kesemuanya berada di Palu.

Haris juga menyebutkan, ada 10 orang ODP yang hari ini telah selesai menjalani isolasi mandiri, dan ke-10 orang itu dinyatakan sehat oleh tim medis yang memantaunya.

“Total ODP per hari ini sebanyak 184 orang, sedangkan PDP totalnya 50 orang,” demikian Haris Kariming.

Ia melanjutkan, ke-50 orang PDP tersebut saat ini masih menunggu hasil uji Swab yang dilakukan di laboratorium Makassar.

Waktu menunggu hasil lab disebutkan akan memakan waktu yang lebih lama lagi karena saat ini tidak ada penerbangan komersil. Alternatifnya adalah melalui perngiriman sampel melalui darat.

Tapi kata Haris lagi, proses itu akan segera berakhir karena dalam waktu dekat fasilitas laboratorium untuk uji Swab atau PCR (Polymerase Chain Reaction) sudah ada di laboratorium milik Dinkes Sulteng.

“Saat ini sedang diinstalasi, semoga saja cepat selesai sehingga setiap uji Swab tidak perlu lagi dibawa ke Makassar atau dengan kata lain kita sudah bisa lakukan sendiri dan tentunya hasilnya bisa segera dapat kita ketahui,” ujar Haris. (afd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here