Warga Dikagetkan Gempa 5,1 SR, Pusatnya di Kabupaten Sigi

Ilustrasi gempa dan episentrum lokasi. (BMKG)

PALU, beritapalu | Gempa bumi tektonik berbekuatan 5,1 SR kembali mengguncang wilayah Kabupaten Sigi, Rabu (8/4/2020) sekitar pukul 11.32 Wita.

Goyangannya tidak hanya terasa di sekitar pusat gempa, tetapi juga di wilayah sekitarnya termasuk Palu. Bahkan sebagian warga Palu yang mengikuti anjuran pemerintah untuk “Tetap di Rumah” berhamburan keluar, seperti terlihat di salah satu kompleks perumahan di Kelurahan Palupi, Palu.

Hasil analisis BMKG, gempa bumi ini memiliki parameter awal bermagnitudo  M=5,1 yang dimutakhirkan menjadi Mw=4,5. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 1.4 LS dan 119.93 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 37 km arah Selatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi, dengan kedalaman 10 km.

Menurut BMKG, berdasarkan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal, akibat adanya aktivitas sesar Palu Koro. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan mendatar (Strike slip Fault).

Guncangan gempabumi ini dirasakan di daerah Palu, Masamba. Meontiroing yang dilakukan BMKG, tidak ada gempa susulan yang terjadi. Hingga kini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

BMKG mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke dalam rumah. (afd/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here